Ikan Molly

Share
Comment 1 reply
Ikan Molly

Ikan molly dengan nama latin Poecilia Sp merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang berukuran kecil dengan bentuk tubuh yang unik dan memiliki berbagai macam warna yang menarik.

Ukuran ikan ini hanya mencapai maksimal 12 cm saat mereka dewasa. Dimana ukuran tubuh dari si betina lebih besar daripada ukuran tubuh si jantan.

Dengan ukurannya yang kecil maka kalian tidak memerlukan akuarium yang besar untuk memelihara ikan ini.

Warna dari ikan ini juga sangat menarik dan memiliki berbagai macam warna yang menarik tergantung dari jenisnya.

Ada yang bintik – bintik, ada yang bercorak, ada yang hitam, dan lain sebagainya sehingga ikan ini enak di pandang mata.

Selain itu, ikan ini juga tidak agresif sehingga ikan ini dapat disatukan dengan berbagai macam jenis ikan hias lainnya.

Perawatan ikan ini juga tergolong cukup mudah dengan proses perkembangbiakan yang cepat. Maka tak heran banyak para pecinta ikan hias yang memelihara ikan ini di dalam akuariumnya.

Ikan ini termasuk ke dalam ikan pemakan segala atau omnivora itu berarti bahwa molly menyukai semua jenis makanan seperti cacing rambut, cacing beku (blood worm), pelet, dan lain sebagainya.

Jenis Ikan Molly

Ikan molly secara global dibagi menjadi beberapa kelompok yaitu Short-fin Molly (sirip pendek), Sailfin Molly (sirip panjang), dan Lyretail Molly (ekor cagak). Dimana masing – masing kelompok tersebut masih memiliki beberapa jenis ikan.

Seiring dengan berkembangnya zaman, maka semakin banyak pula orang yang melakukan perkawinan silang dan mutasi genetik antara molly satu dengan molly yang lainnya.

Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil yang berbeda dari jenis ikan molly yang suda ada. Berikut adalah beberapa jenis ikan molly yang harus kalian ketahui.

1. Molly Balon

Molly Balon

Harga: Rp2.000 – Rp3.000

Molly Balon merupakan salah satu jenis molly yang paling popular dikalangan para pecinta ikan hias.

Seperti namanya, Molly Balon ini memiliki perut besar dan buncit seperti balon. Ketika ikan ini hamil maka perutnya akan lebih besar dari biasanya atau seolah – olah akan meledak.

Ikan ini dapat berkembang biak dengan mudah, mereka akan hamil selama 6 sampai 8 minggu yang akan menghasilkan puluhan anakan ikan molly.

Warna yang sangat bervariasi dari molly balon ini diantaranya adalah warna belang – belang, merah, kuning, jingga, dan lain sebagainya.

2. Black Molly

Black Molly

Harga: Rp2.000 – Rp10.000

Sama seperti molly balon, jenis black molly ini juga cukup populer dan menjadi primadona bagi pencinta ikan hias di Indonesia.

Dengan warna hitam pekat yang mereka miliki maka molly ini disebut black molly. Warna tersebutlah yang menjadikan ikan ini unik dan berbeda dari yang lain.

3. Golden Molly

Golden Molly

Harga: Rp10.000 – Rp25.000

Golden molly adalah salah satu jenis molly yang cukup langka, karena seluruh tubuhnya berwarna keemasan yang sangat indah.

4. Molly Golden Black

Molly Golden Black

Harga: Rp10.000 – Rp25.000

Molly Golden Black merupakan molly yang memiliki keunikan di warna tubuhnya yang sangat cantik yaitu berwarna keemasan dengan bintik – bintik hitam.

5. Silver Molly

Silver Molly

Harga: Rp2.500 – Rp10.000

Seperti namanya, silver molly memiliki warna silver yang membalut tubuhnya. Warna yang sangat indah dan cantik untuk seekor ikan hias.

6. Molly Marbel

Molly Marble

Harga: Rp2.000

Molly Marble ini juga sangat populer dikalangan para pecinta ikan hias. Ikan ini merupakan hasil dari perkawinan silang, dimana kemudian menghasilkan jenis bernama molly marbel.

Nama marble sendiri berasal dari corak fisiknya yang sangat menarik yaitu warna dominan putih dengan ada bercak warna hitam di dalamnya.

7. Lyretail Molly

Molly Lyretail

Harga: Rp25.000 – Rp50.000

yretail molly ini memiliki keunikan di ekor yang meruncing dan membentuk huruf U. Dengan demikian maka lyretail molly susah untuk ditemukan dan termasuk ke dalam jenis ikan molly termahal.

8. White Pot Belly Molly

White Potbelly Molly

Harga: Rp25.000 – Rp50.000

Jenis ikan molly satu ini juga sangat unik, keunikannya adalah pada tubuhnya yang memiliki bentuk tubuh bulat dan lebih mungil daripada jenis molly yang lainnya.

9. Sailfin Molly

Molly Sailfin

Harga: Rp5.000

Ikan bernama latin Poecilia Latipinna ini berasal dari sungai San Antonio Texas yang banyak dicari oleh para pecinta ikan hias di Indonesia.

Ikan molly sailfin ini memiliki sirip dibagian atas punggungnya yang besar dan lebar dengan ujungnya yang memiliki warna.

Baca juga: Ikan Aquascape

Sailfin Molly dapat hidup kurang lebih sekitar 3 tahun.

Adapun berbagai jenis molly sailfin diantaranya adalah molly sailfin green, molly sailfin black, molly sailfin harlequin, molly sailfin silver, molly sailfin dalmatian, molly sailfin marbled, molly sailfin chocolate, molly sailfin gold, molly sailfin cremesicle, dan molly sailfin tangerine.

Semuanya sama – sama jenis sailfin hanya saja mereka berbeda corak warna dan bentuknya saja.

10. Yucatan Molly

Yucatan Molly

Harga: Rp5.000 – Rp50.000

Ikan bernama latin Poecilia Velifera ini berasal dari Yucatan Peninsula yang juga termasuk ke dalam sailfin molly yang memiliki ukuran tubuh maksimal hanya sampai 12 cm saja.

Yucatan Molly ini berwarna merah dan ada sedikit warna putih pada bagian perutnya. Dengan siripnya yang lebar maka ikan ini terlihat semakin cantik.

11. Wild Green Sailfin Molly

Wild Green Sailfin Molly

Harga: Rp5.000 – Rp15.000

eperti namanya, ikan ini juga termasuk ke dalam sailfin molly dengan nama latin Poecilia Petenensis. Ikan ini berasal dari kawasan Amerika Tengah.

Wild Green Sailfin Molly ini merupakan salah satu spesies ikan molly terbesar yang menghuni Danau Peten di Guatemala.

Ukuran tubuh dari ikan jantan ini dapat mencapai 15 cm bahkan lebih. Sementara betinanya bahkan dapat lebih besar.

Warna tubuh dari ikan ini beraneka ragam, yaitu ada yang abu – abu dan ada juga yang abu – kehijauan dengan ujung siripnya yang berwarna oranye.

12. Liberty Molly

Liberty Molly

Harga: Rp10.000 – Rp20.000

iberty Molly bernama latin Poecilia Salvatoris merupakan salah satu ikan molly yang tergolong ke dalam kelompok short-fin molly atau sirip pendek.

Liberty Molly ini berasal dari El Savador yang memiliki ukuran tubuh maksimal hanya sekitar 8 cm. Ikan ini juga cukup agresif dan sering menggigit sirip ikan lainnya. Hal ini membuat orang malas untuk memeliharanya.

13. Molly Hybrids

Molly Hibryds

Harga: Rp100.000 – Rp500.000

Molly hibryd ini merupakan hasil perkawinan silang atau crossbreed antara spesies dari molly satu dengan molly yang lainnya untuk menghasilkan molly yang lebih menarik untuk di lihat.

Cara Budidaya Ikan Molly

Budidaya Ikan Molly

Ikan molly ini termasuk ikan yang sangat mudah untuk dibudidayakan. Betinanya dapat melahirkan hingga ratusan ekor anakan molly ketika bertelur yang akan langsung bisa berenang.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat kalian lakukan untuk membudidayakan ikan molly :

  1. Siapkan akuarium dengan kapasitas 30 gallon atau sekitar 112 liter, karena dengan akuarium berukuran besar maka dapat mengurangi tingkat stress pada ikan dan juga untuk menghindari bully dari ikan jantan.
  2. Satukan satu ekor molly jantan dengan beberapa ekor molly betina. Perbedaan molly jantan dan molly betina adalah sebagai berikut ini :Molly jantan : ukuran kepala lebih kecil dibandingkan dengan molly betina, ukuran tubuh lebih panjang, bentuk perut jantan lebih buntal, terdapat sirip yang kecil panjang di bawah belakang perut, dan sirip atas lebih lebar dan besar.Molly Betina : ukuran kepala agak besar dibandingkan dengan molly jantan, ukuran tubuh lebih pendek, bentuk perut agak buntal, sirip atas lebih kecil tapi lebar, terdapat sirip yang lebar serta pendek di bawah belakang perut.
  3. Berikan air dengan suhu hangat yaitu sekitar 25° C – 27° C.
  4. Berikan makanan yang baik agar sang ikan terhindar dari stress.
  5. Setelah mereka kawin perlu menunggu 3 – 5 minggu untuk ikan betina melahirkan anaknya.
  6. Setelah anaknya lahir sebaiknya kaian memisahkan anakan dari induknya, karena molly cenderung akan memakan anaknya. Biasanya molly memakan anaknya ketika tidak cukup makanan yang kaian berikan.

Tips Merawat Ikan Molly

cara merawat molly

Untuk kalian yang ingin merawat ikan molly dirumah, kalian tidak usah khawatir karena molly ini sangat mudah untuk dirawat dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Ikan molly ini juga termasuk ikan yang tidak agresif, jadi kalian dapat menaruh ikan hias kecil lainnya ke dalam akuarium seperti lemon gourami atau gurami mini, cherry barb, platy, pleco, dan lain sebagainya.

Kami sarankan agar kalian sebaiknya memberikan teman ikan molly yang mempunyai ukuran sama.

Tetap berikan ruangan yang luas untuk molly, karena jika sempit molly akan mudah stress dan menjadi sangat agresif dan menyerang ikan lain.

Jangan berikan makanan yang asal – asalan untuk ikan molly, apalagi kalian memberikan makanan yang tidak mempunyai kandungan serat yang baik.

Jadi, tetap berikan molly kalian makanan yang baik ya teman, seperti sayuran timun rebus, selada, ataupun labu, serta pelet molly alami udang kecil air asin, cacing darah, dan juga cacing tubifex.

Itulah beberapa jenis ikan molly yang harus kalian ketahui beserta cara membudidayakan dan beberapa tips yang mungkin dapat kalian praktekkan di rumah.

Semoga informasi tersebut di atas dapat bermanfaat untuk para pembaca. Terima kasih:)

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.