Vaksin Kucing

Share
Comment 1 reply
Vaksin Kucing

Sebelum kalian berencana untuk mengadopsi kucing, maka kami sarankan untuk mengadopsi kucing yang telah di vaksin.

Dan setelah kalian memeliharanya pun, kalian perlu untuk memvaksinnya secara rutin. Vaksin ini bertujuan untuk membangun sistem imun seekor kucing sehingga terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya.

Jika kalian merasa masih asing dengan vaksin ini, maka sebaiknya kalian langsung mengkonsultasikannya ke dokter hewan kepercayaan kalian.

Namun sebelum kalian melakukan hal tersebut, ada baiknya jika kalian juga mengetahui hal dasar mengenai vaksin kucing dulu mulai dari jenis hingga harganya.

Hal tersebut salah penting untuk kalian perhatikan sehingga akan memudahkan kalian dalam pemelihara kucing dalam memperhitungkan perawatan si meong peliharaan kalian.

Pada dasarnya, pemberian vaksin ini memanglah tergantung dari keadaan dari si meongnya sendiri, karna setiap jenis vaksin mempunyai kegunaan dan fungsinya masing-masing.

Informasi lebih lanjut mengenai vaksin simak ulasan berikut ini..

Jenis Vaksin

jenis vaksin kucing

1. Vaksin Tricat

Vaksin Tricat berfungsi sebagai antibodi kucing dalam menghindarkan si meong kalian dari serangan penyakit atau virus Feline panleucopenia, Feline rhinotracheitis, dan Feline calicivirus.

Dan dibandrol dengan harga antara Rp 80.000 higga Rp 200.000

Sebelum kalian melakukan jenis vaksinansi ini, alangkah lebih baiknya jika kalian melakukan pemeriksaan umum terlebih dahulu di dokter hewan.

Selepas kalian berikan vaksin ini, lalu dilanjutkan dengan pemberian obat Cacing.

Vaksin ini merupakan vaksin pertama kali yang akan diberikan untuk si meong pada usia 8 sampai 10 Minggu.

2. Vaksin Tetraca

Vaksin Tetracat berguna sebagai vaksin untuk menjauhkan dari serangan penyakit Feline panleucopenia, Feline Rhinotracheitis, Felina calicivirus dan juga Clamydia.

Nah, untuk vaksin untuk si meong ini memang sekilas menyerupai vaksin tricat, namuan yang membedakan adalah fungsinya saja yang sedikit berbeda dari vaksin tricat.

Dalam proses pemberian vaksin tetracar ini juga bisa dikatakan sama dengan Tricat, namun dalam vaksin tetracat tidak terdapat pemberian obat cacing pada saat umur si meong telah mencapai usia 12 minggu.

Harga Vaksin Tetracat

Untuk harganya sendiri dapat kita katakan cukup mahal sebetulnya, mulai dibandrol dari harga Rp.170.000 sampai Rp. 200.000.

Apabila kalian memiliki kenalan dokter hewan, tentu pastinya kalian akan dikenai harga yang sedikit miring, hihihi.

3. Vaksin Rabies

Vaksin ini untuk Kucing Umur 20 Minggu

Tidak hanya menyerang anjing saja lho, rabies ini juga dapat menyerang kucing kesanyangan kalian apabila kalian tidak merawatnya dengan baik.

Karena virus rabies ini akan menyerang kekebalan tubuh si meong dan dapat menularkan terhadap siapa saja yang berinteraksi secara langsung dengan meong yang sudah terinfeksi.

Apabila si meong kesayangan kalian terkena rabies, maka sebaiknya jika kalian memakai sarung tangan supaya tidak terkena liurnya atau bahkan sampai terkena gigitan si meong.

Segera bawa si meong ke dokter hewan jika terdeteksi rabies untuk diberikan penanganan yang tepat secepatnya.

Harga Vaksin Kucing

harga

1. Tahap I Tricat

Vaksin ini diberikan pada saat kucing berusia 8-10 minggu. Fungsi vaksin ini bisa melindungi kucing dari bahaya penyakit Feline Panleucopenia, Feline Rhinotracheitis, dan Feline Calicivirus. Harga vaksin tahap pertama mulai dari Rp80.000 – Rp200.000 tergantung pada jenis obat yang diberikan.

2. Tahap II Tetracat

Vaksin pada tahap dua ini fungsinya sama dengan vaksin sebelumnya, hanya saja ada satu tambahan yaitu melindungi dari virus Clamydia. Lakukan vaksin tahap dua ini saat kucing Anda berusia 12-14 minggu. Harganya mulai dari Rp170.000 – Rp200.000

3. Tahap III Rabies

Vaksin rabies dapat mengatasi kucing yang terkena dan menghindari rabies. Berikan vaksin rabies saat kucing Anda berusia 20 minggu. Harganya sekitar Rp 0.000 – Rp100.000

Tak hanya pemberian vaksin yang berdasarkan usia, namun kadang kali juga terdapat beberapa pecinta kucing yang memberikan vaksin untuk si meong berdasarkan rasa maupun jenisnnya.

Sebetulnya pemberian vaksin ini terhadap si meong tidak hanya memandang ras dan jenisnya saja.

Namun pemberiaan vaksin untuk si meong ini yang membedakan adalah merk dari vaksin itu sendiri.

Baca juga: Vitamin Kucing

Yang perlu kalian ketahui

Hal ini sebetulnya tidak perlu harus dilakukan. Sebab pemberian vaksin bukan ditentukan dari ras maupun jenis si kucing itu sendiri.

Tetapi, pemberian vaksin ini dilakukan sesuai dengan keperluan si meong di mana harusnya tidak akan memberatkan pemilik si kucing itu sendiri.

Walaupun dengan memberikan vaksin dengan harga cukup terjangkau bukan artinya jika vaksin murah itu tidak ampuh.

Vaksin itu juga masih memiliki fungsi yang namun lagi dan lagi yang membedakannya hanyalah merk maupun brand vaksin untuk hewan peliharaan itu sendiri.

Bukan berarti apabila kalian memelihara si meong dari ras Persia atau anggora maka kalian juga harus memeberikan vaksin dengan harga yang mahal pula.

Demikianlah ulasan mengenai vaksin kucing kali ini, semoga dapat menambah informasi untuk kalian ya.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.