Umpan Ikan Gabus

Share
Comment 0 reply
Umpan Ikan Gabus

Bagi pecinta kegiatan memancing ikan gabus, sebenarnya ada beberapa strategi agar ikan selalu menyambar kail pancinganmu.

Mengingat jenis ikan yang satu ini bisa dikatakan gampang-gampang sulit untuk dipancing.

Selain teknik memancing yang tepat, pemilihan umpan ikan gabus juga sangat berpengaruh.

Jadi, kalau kamu masih belum paham mengenai umpan mana yang tepat, bisa-bisa kegiatan memancing terasa sia-sia karena ikan gabus tak kunjung menyambar.

Umpan Ikan Gabus Alami Jitu dan Paling Ampuh

Ada beberapa rekomendasi umpan yang bisa digunakan untuk memancing ikan gabus. Pada umumnya, umpan-umpan alami tersebut berasal dari hewan-hewan yang berukuran kecil.

Berikut beberapa umpan ikan gabus yang dapat digunakan, antara lain:

1. Cacing Tanah

Cacing Tanah

Cacing tanah menjadi umpan ikan gabus alami yang pada umumnya digunakan pemancing.

Pasalnya sebagian besar ikan menyukai cacing tanah, baik itu ikan jenis air tawar maupun ikan jenis air asin.

Jadi, memancing ikan gabus dengan cacing tanah memiliki peluang besar untuk mendapatkan hasil yang banyak. Hal yang menarik dari cacing tanah ialah baunya yang amis.

Bau ini akan membuat ikan menjadi tertarik untuk mendekat.

Selain itu, bentuk tubuh cacing yang memanjang dapat bergerak-gerak pada ujung mata kail saat berada di dalam air, juga dapat menarik perhatian ikan gabus.

Untuk memperoleh cacing tanah juga tidaklah sulit. Cacing tanah bisa ditemukan di tanah yang lembab.

Keunggulan menggunakan cacing tanah sebagai umpan ikan gabus alami, salah satunya adalah tidak perlu dibuat racikan. Jadi kamu hanya perlu meletakkan seluruh bagian tubuh cacing ke mata kail. 

Pemancing perlu menyisakan sedikit bagian ujung ekor di ujung mata kail. Sehingga saat berada di dalam air, ujung ekor cacing  akan bergerak-gerak.

Nah seperti telah dipaparkan di atas, gerakan tubuh itulah yang akan menarik perhatian ikan gabus.

2. Katak

Katak

Sama halnya dengan menggunakan cacing tanah, katak juga hanya perlu dikaitkan pada mata kail. Bagian yang dikaitkan pada kail yaitu bagian punggung katak.

Ketika menggunakan katak sebagai umpan, diusahakan masih dalam keadaan hidup. Kondisi katak yang masih hidup ini bisa menarik perhatian ikan gabus yang berada di air.

Adanya gerakan yang dilakukan oleh anak katak yang masih hidup itulah mengapa ikan bisa mendekati umpan

Namun, pemancing juga harus berhati-hati, karena ketika katak merasa terancam, katak akan menyemburkan air kencing.

3. Belalang

Belalang

Belalang menjadi salah satu makanan yang disukai oleh ikan gabus. Di samping itu, belalang dan ikan gabus memiliki habitat yang sama, sehingga tidak heran bila belalang menjadi umpan yang jitu bagi ikan gabus.

Belalang dapat ditemukan di berbagai tempat. Biasanya belalang bersembunyi di semak-semak dan rerumputan. Sementara untuk penggunaannya sebagai umpan yang jitu, bagian tubuh atau ekor belakang cukup dikaitkan ke mata kail.

Ukuran belalang juga perlu diperhatikan, sebaiknya pilih yang ukurannya sedang. Jika  belalang terlalu besar, ikan gabus akan sulit untuk memangsanya.

Sedangkan jika terlalu kecil, ikan gabus akan kesulitan untuk melihat sehingga tidak akan menyambarnya.

4. Jangkrik

Jangkrik

Jangkrik juga bisa dijadikan sebagai pilihan umpan untuk ikan gabus. Untuk dijadikan umpan, hanya perlu dikaitkan pada mata kail saja tanpa harus diracik.

Sebelum memulai memancing, bagian tubuh jangkrik dipencet terlebih dahulu agar mengeluarkan cairan. Cairan ini akan menambah daya tarik untuk ikan gabus. Daya tarik tersebut berasal dari bau amis yang dikeluarkan dari cairan tersebut.

Selain itu, kedua belah sayap jangkrik dibersihkan juga terlebih dahulu. Sebab, sayap tersebut akan mengurangi daya tarik dari jangkrik untuk ikan gabus.

Menggunakan jangkrik jangkrik sebagai umpan juga tidak mengeluarkan biaya banyak, bahkan kamu bisa berburu jangkrik sendiri.

5. Ulat Daun Pisang

umpan ikan gabus jitu

Ulat dikategorikan sebagai hama bagi petani pisang. Keberadaan ulat bisa merusak tanaman pisang. Jadi daripada menjadi hama dan dibasmi, lebih baik ulat ini dijadikan sebagai umpan memancing ikan gabus.

Memasang umpan ulat daun pisang ini tidaklah susah, ulat hanya perlu dikaitkan bagian tubuhnya ke mata pancing. Ulat ini juga harus berada dalam keadaan hidup.

6.  Laron

Laron

Laron merupakan serangga pemakan kayu. Hewan ini bisa dikatakan sebagai hama. Namun, laron hanya bisa ditemukan dalam waktu-waktu tertentu saja.

Serangga ini hanya akan keluar ketika musim hujan telah tiba.

Cara efektif menggunakan laron untuk memancing adalah dengan mengaitkan beberapa ekor laron pada kail. Hal ini bertujuan agar ikan gabus dapat melihat umpan tersebut, sehingga ikan gabus akan menerkam umpan laron yang terpasang.

7. Ikan Kecil

Ikan Kecil

Seperti yang telah diketahui, ikan gabus termasuk golongan ikan predator atau pemangsa.

Ikan gabus ini akan memangsa ikan-ikan kecil lainnya. Jadi, tidaklah mengherankan jika ikan kecil akan tepat digunakan sebagai umpan.

8. Cicak

Cicak

Hewan yang sepanjang hari menempel pada permukaan benda ini bisa dijadikan sebagai umpan ikan gabus. Cicak dapat langsung digunakan dengan mengaitkannya pada mata kail.

Agar memperoleh ikan gabus yang diharapkan, cicak harus dibakar terlebih dahulu.

Bau yang muncul dari proses pembakaran akan menarik ikan gabus untuk mendekat. Setelah itu, ikan gabus akan memakan umpan tersebut.

9. Orong-Orong

Orong - orong

Hewan orong-orong ini memiliki bentuk yang mirip dengan jangkrik.

Namun, perbedaannya orong-orong berukuran lebih panjang. Hewan ini banyak ditemukan di pesawahan atau lingkungan yang kering.

10. Kecoa

Kecoa

Hewan yang kerap dianggap menjijikkan ini ternyata bisa dijadikan sebagai umpan untuk memancing ikan gabus.

Habitat hewan ini mudah ditemukan di sekitaran tempat kotor seperti kandang ayam, bebek, angsa, kambing dan lain-lain.

Kecoa sebagai umpan ikan gabus yang ampuh ini bisa digunakan dalam keadaan hidup maupun mati.

11. Anak Tawon

Anak Tawon

Anak tawon masuk kedalam golongan ulat berwarna putih, biasanya dapat dijumpai pada sarang tawon.

Hewan kecil ini biasanya menjadi santapan yang nikmat bagi ikan gabus.

Caranya cukup dengan mengaitkan anak tawon pada mata kail. Anak tawon bisa digunakan pada saat masih hidup maupun sudah mati. Anak tawon ini juga cukup mudah untuk ditemukan di lingkungan.

12. Gendon

Gendon

Gendon sering disebut juga sebagai induk rayap. Memang umpan jenis ini termasuk golongan yang sangat sulit untuk ditemukan.

Kalau kamu ingin mendapatkannya, hewan ini banyak ditemukan pada pohon salak. Ulat gendon merupakan sumber protein yang baik dan juga umpan ampuh untuk ikan gabus.

13. Kroto

Kroto

Kroto populer dengan sebutan anak semut. Semut kroto memang sudah cukup dikenal untuk dijadikan sebagai umpan ikan.

Termasuk pula untuk memancing ikan gabus di kolam.

Sayangnya, kamu tidak bisa langsung menjadikan semut ini menjadi umpan. Kamu harus meraciknya terlebih dulu dengan cara mengeringkan kroto hingga seperti bedak/tepung.

14. Udang

umpan ikan gabus alami

Udang juga termasuk makanan yang disukai oleh ikan gabus. Maka dari itu tidak mengherankan jika udang sering dijadikan sebagai umpan.

Hal yang menarik dari udang untuk dijadikan umpan adalah baunya yang khas, apalagi udang air laut yang amis.

Beberapa umpan ikan gabus babon jitu di atas bisa dicoba untuk mendapatkan peruntungan.

Baca juga:

Selain sebagian besar mudah didapat, umpan-umpan tersebut juga mudah untuk diperlakukan.

Sebenarnya, selain umpan-umpan di atas juga masih ada alternatif lain, seperti umpan buatan dari kayu, sikat gigi, dan lainnya. Hanya saja, menggunakan umpan yang alami akan mudah didapat dibandingkan membuat umpan buatan.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.