Makanan Burung Parkit

Share
Comment 0 reply
Makanan Burung Parkit

Untuk memelihara burung parkit atau burung Kesturi pasti perlu pemberian pakan yang seimbang. Burung parkit sangat suka pakan yang berasal dari biji-bijian sebagai makanan pokoknya.

Jenis pakan burung parkit dibagi menjadi 2, yaitu makanan pokok dan makanan tambahan.

Berikut adalah 10 makanan burung parkit

1. Jewawut

Makanan Burung Parkit Agar Jinak

Makanan yang paling disukai burung parkit yaitu biji jewawut, orang jawa biasa menyebutnya dengan sebutan otek atau lelawut.

Jewawut bisa diberikan dengan malainya atau hanya jewawutnya saja. Biji jewawut sangat mudah dijumpai di pasar burung, toko burung, atau penjual pakan burung.

Biji jewawut juga mengandung lemak, protein, dan karbohidrat.

2. Milet

Makanan Burung Parkit Agar Cepat Bertelur

Milet adalah salah satu pakan yang banyak disukai oleh burung-burung, misalnya burung lovebird, burung parkit Australia, burung kenari, burung pipit, dan burung gereja.

Wujudnya hampir mirip dengan jewawut, tetapi milet memiliki ukuran yang lebih besar, mengkilap, dan licin.

3. Pelet

Pakan Parkit Kemasan

Pelet merupakan makanan pokok burung parkit, pelet memiliki kualitas yang bagus yang berguna untuk menjaga kesehatan burung parkit.

Karena burung parkit terbiasa memakan biji-bijian, proses penyesuaian nya juga terbilang cukup sulit dan lama. Mungkin kamu membutuhkan waktu beberapa minggu untuk pembiasaannya.

4. Jagung

Jagung

Biasanya semua jenis burung parkit menyukai biji-bijian. Kuaci dan jagung muda yang diberikan beserta tongkolnya, baik jagung yang berwarna kemerahan ataupun jagung kuning yang sama-sama mengandung vitamin A, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan saluran pernafasan.

5. Kangkung

Kangkung

Kangkung biasanya dijadikan sebagai pakan tambahan, karena burung parkit sangat menyukainya.

6. Tauge

Tauge

Tauge atau kecambah merupakan salah satu jenis makanan yang sangat berpengaruh besar dalam permasalahan kesuburannya.

Tauge juga dapat berguna untuk meningkatkan kesuburan dan fertilitas telur, dan sangat berguna untuk birahi. Terutama bagi burung parkit yang sedang dalam masa-masa kawin, sehingga dapat menghasilkan keturunan yang sehat dengan jumlah yang banyak.

Tauge juga memiliki vitamin E yang berguna untuk mempercantik bulu, mempertahankan alat reproduksi, dan juga membantu kesehatan kulit.

7. Grit

Grit

 

Grit merupakan pakan berupa campuran dari bermacam-macam bahan, seperti kulit bekicot atau keong, batok granit, pecahan batu kali, kulit kerang, kulit cumi-cumi, kerikil, dan arang.

Grit berfungsi untuk memperkuat dan membantu pencernaan, serta sebagai sumber mineral dan kalsium.

8. Daun Kemangi

Daun Kemangi

Daun kemangi dapat disajikan sebagai pakan tambahan, namun pemberiannya tidak boleh setiap hari.  Untuk pemberiannya kamu bisa berikan sekali dalam seminggu.

Daun kemangi bermanfaat untuk mencegah burung terkena penyakit diare atau mencret.

9. Buah-Buahan

Buah-Buahan

Parkit menyukai buah-buahan yang segar, seperti jeruk, anggur, melon, kiwi, dan apel. Buah-buahan tersebut mengandung vitamin A, vitamin, C, vitamin K serta mineral, nutrisi, mangan, dan kalium.

Kamu bisa menyajikannya hanya dalam waktu 2 jam, lalu ambil kembali buah yang tidak dimakan, untuk mencegah tumbuhnya bakteri berbahaya.

10. Vitamin dan Mineral

Vitamin dan Mineral

Selain pakan yang berupa biji-bijian, burung parkit juga perlu diberikan vitamin. Cara penyajiannya cukup dengan mencampurkan vitamin dengan air minum.

Vitamin yang berbentuk serbuk dapat berguna untuk meningkatkan kualitas telur, serta mempertinggi fertilitas betina dan pejantan.

Nah, jadi walaupun harga burung parkit terbilang murah, kamu tidak boleh sembarangan memberi makanan pada burung parkit.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.