Makanan Burung Kenari

Share
Comment 1 reply
Makanan Burung Kenari

Selain memiliki bulu yang indah, burung kenari ini juga memiliki kicauan yang indah. Untuk memperoleh suara kicauan/ gacoran yang maksimal, maka kalian harus mengetahui makanan burung kenari yang bagus untuk suara mereka.

Namun selain itu, kalian juga tetap harus memperhatikan cara merawat burung kenari supaya si burung dapat hidup sehat dapat gacor dengan lebih semangat.

Karena akan tidak maksimal jika kamu sudah memilih jenis burung kenari yang bagus tetapi tidak memperhatikan makanannya, karena tidak akan maksimal.

Sebetulnya makanan burung kenari sama dengan makanan burung pada umumnya.

Meski demikian, kalian tidak boleh asal begitu saja. Sebab hal tersebut dapat berpengaruh besar pada kicauan si burung. Dimana pada setiap jenis makanan memiliki peran dan tujuan yang berbeda – beda.

Berikut daftar rekomendasi makanan burung kenari biar cepat gacor:

1. Niger Seed dan Fumayin

merk pakan kenari

Biji niger atau fumayin mempunyai khasiat untuk menambah birahi pada burung supaya cepat gacor. Dimana biji ini juga menjadi makanan favorit pada burung kenari.

Tak hanya membuat burung menjadi gacor, namun biji ini dapat menjaga suhu hangat pada burung.

Kalian dapat memberikan biji ini untuk menu setiap hari. Dimulai dari waktu pagi, siang, dan malam hari.

2. Campuran Biji – bijian

makanan kenari biar gacor keras

Campuran biji – bijian atau sering disebut sebagai bijian mix adalah kombinasi beragam bijian seperti biji kenari, milet merah dan putih, serta egg food.

Memberikan jenis makanan ini memiliki khasiat seperti:

  • Menjaga vitalitas kicauan burung supaya tidak cepat lelah.
  • Memperbaiki sistem pencernaan terhadap burung kenari.
  • Meningkatkan volume suara supaya terdengar lebih nyaring.

Tips: Untuk mengetahui apakah biji – bijian yang kalian miliki berkualitas atau tidak, kalian bisa mengeceknya dengan cara merendamnya. Apabila bijinya tenggelam dengan kulit yang terkelupas serta berubah warna menjadi keabu – abuan, maka dapat dipastikan jika biji – bijian yang kalian miliki memiliki kualitas yang bagus.

3. Buah Apel

cara merawat burung kenari

Selain memiliki manfaat yang banyak untuk manusia, apel juga mempunyai khasiat untuk burung kenari.

Apel yang mempunyai rasa masam tinggi ini sangat baik untuk pertumbuhan burung kenari. Serta berkhasiat untuk melegakan tenggorokan burung kenari supaya bisa berkicau dengan kencang dan lancar.

Cara penyajiannya pun cukup mudah, kalian hanya perlu memotongnya menjadi beberapa bagian lalu kalian letakan di dalam kandang kenari.

Catatan: Pastikan jika bijinya tidak ikut disajikan, sebab di dalamnya mengandung racun sianida yang dapat mematikan.

4. Kroto

minuman kenari cepat gacor

Seperti yang telah kita ketahui, kroto kerap kali disajikan untuk beragam jenis burung. Namun tahukah kalian, ternyata kroto ini sebetulnya hanya untuk jenis – jenis burung yang tertentu saja, termasuk burung kenari.

Jika kalian memelihara burung kenari dari kecil, maka kalian dapat melatihnya agar mau memakan kroto. Sebab beberapa burung kenari ada yang kaget dan tidak suka saat diberikan kroto.

Penyajiannya cukup mudah, kalian letakan pada wadah kecil atau langsung menaburkannya di dalam sangkar.

5. Daun Mengkudu Muda

canary food

Daun mengkudu mempunyai kandungan senyawa yang mampu untuk mengatasi serak tenggorokan pada burung, sehingga suara kicauan si burung kenari dapat terdengar lebih jernih serta lantang.

Untuk penyajiannya cukup mudah, kalian tinggal mencuci daunnya hingga kemudian menaruhnya di dalam kandang.

Pemilihan daun mengkudu yang muda ini juga perlu dilakukan supaya daun mudah untuk dicerna sebab memiliki tekstur yang lebih halus.

6. Sayuran Segar

Sayuran Segar

Sayuran segar dapat kalian berikan kepada burung kenari sebagai extra food atau pakan tambahan.

Makanan ini memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan serta kebugaran si burung kenari ini supaya cepat gacor.

Beberapa jenis dari sayuran yang dapat kalian berikan diantaranya seperti: Kangkung, wortel, kobis, sawi kol serta biji – bijian.

Untuk penyajiannya sendiri kalian dapat merebusnya terlebih dahulu supaya lebih lunak. Tetapi jangan terlalu lama merebusnya, sebab hal tersebut dapat menghilangkan kandungan vitamin yang ada di dalam sayuran tersebut.

7. Ulat Hongkong

Ulat Hongkong

Ulat hongkong memiliki total kandungan protein sebesar 48%, sehingga makanan ini banyak dipakai oleh para penghobi burung kicau guna menambah asupan nutrisi pada burung peliharaanya.

Namun demikian, pemberian makanan ini yang berlebihan dapat membuat burung menjadi terlalu gemuk serta tidak lincah.

Maka dari itu, kalian tetap perlu harus memberikan porsi yang tepat.

Untuk penyajiannya juga tidak sembarangan. Yaitu ulat harus dalam kondisi mati dengan cara mencelupkan terlebih dulu di dalam air hangat.

Hal tersebut bertujuan supaya kandungan zat kimia yang dapat mengganggu kesehatan burung larut di dalam air.

8. Telur Puyuh

Telur Puyuh

Telur puyuh juga memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi baik untuk burung kenari.

Telur puyuh yang telah direbus ini diyakini memiliki manfaat agar si burung dapat gacor dengan maksimal dan meningkatkan tingkat birahi untuk berkicau.

Untuk kalian yang mempunyai kenari petarung, maka pemberian pakan telur yang kaya dengan kalori dapat mampu menunjang aktivitas berat yang dilakukan oleh burung supaya tidak gampang sakit.

Disarankan untuk memberikan kuning telurnya saja, sebab memiliki kandungan gizi dan vitamin yang lebih bagus untuk burung.

9. Biskuit dan Bubur Bayi

Biskuit dan Bubur Bayi

Bubur bayi ataupun biskuit memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap, sehingga bisa kalian berikan untuk burung kenari.

Pemberian makanan jenis ini dipercaya dapat membuat burung kenari supaya gacor.

Untuk penyajiannya pun sangat mudah, kalian cukup meletakkannya di dalam wadah tanpa dicampur dengan air. Sementara untuk biskuitnya dapat kalian lembutkan dengan air terlebih dahulu.

10. Makanan Lainnya

makanan burung

Selain beberapa makanan di atas, ada juga beberapa jenis makanan lain yang dapat kalian berikan kepada burung kenari, antara lain:

  1. Buah jeruk
  2. Buah pepaya
  3. Cabai merah
  4. Sawi
  5. Kubis
  6. Daun ginseng
  7. Gambas atau oyong
  8. Selada
  9. Wortel
  10. Jagung muda
  11. Biji sawi
  12. Mentimun
  13. Milet putih
  14. Milet merah

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.