Kucing Tidur Terus

Share
Comment 0 reply
Kucing Tidur Terus

Sebagian besar kucing memiliki sifat yang pemalas, dimana mereka akan menghabiskan hari – hari hanya dengan tidur dan makan, namun apabila kucing ditemukan tidur terus, maka kalian harus waspada.

Sebab, mungkin saja kucing kalian sedang sakit sehingga membutuhkan pertolongan sesegera mungkin. Agar kalian tidak bingung untuk mengatasinya, berikut ini ada beberapa penyebab kucing tidur terus beserta cara mengatasinya.

1. Bosan

penyebab anak kucing banyak tidur

Si kucing bisa merasakan bosan, ntah karena tidak ada teman untuk bermain atau bosan pada makanan yang kalian sajikan kepada si meong.

Apabila si kucing tengah merasa bosan, ia biasanya akan lebih banyak tidur atau bahkan tidak akan mau menyentuh makanannya.

Cara mengatasinya adalah ajak dia bermain atau mengganti varian makanan kucing.

2. Bosan dengan Makanan

kucing tidur terus dan gak mau makan

Ketika si meng sudah tidak mau makan dengan pakan yang biasanya, berarti mereka sudah bosan dengan makanannya dan memilih untuk tidur.

Maka dari itu, kalian dapat memberikan makanan bervariasi untuk si kucing, supaya kucing tidak bosan, jangan berikan varian makan yang sama selama beberapa hari secara terus menerus.

3. Nafsu Pakan & Pencernaan

obat kucing lemas dan tidur terus

Biasanya, kucing yang kekurangan vitamin akan menurun atau hilang kualitas nafsu makan serta mereka lebih memilih untuk tidur sepanjang hari.

Ketika si kucing sedang makan, perhatikan apakah ia merasa terpaksa atau tidak. Jika demikian, kalian segera memberikan vitamin kucing yang cukup.

Sebab metabolisme pada kucing memang tidak terlalu bagus, sehingga banyak sekali penyakit pencernaan yang bisa muncul karena masalah sepele.

Penyakit pencernaan juga menjadi salah satu penyebab mengapa si kucing terus tidur serta tidak mau pakan.

Jika kalian menjumpai hal tersebut, segera berikan penanganan yang tepat sesuai penyakit yang tengah diderita si kucing.

4. Masalah Makanan

arti posisi tidur kucing

a. Makanan Sudah Lama

Pakan yang telah lama serta mengeluarkan bau tidak sedap cenderung akan membuat si kucing tidak nafsu makan dan akan memilih tidur.

Makanan yang lama akan terasa hambar serta tidak segar untuk penciuman si kucing yang tajam. Maka dari itu, si meong akan menolak makanan serta memilih untuk mengabaikannya.

b. Makanan Tidak Higienis

Pada umumnya, hal ini akan terjadi pada hewan kucing ras.

Hewan kucing ras yang merasa pakannya sudah bercampur dengan kotoran akan cenderung malas untuk memakan makanannya serta memilih untuk tidur.

Tetapi untuk kucing kampung hal itu tidak terlalu berpengaruh. Dan untuk si kucing ras sendiri, hal tersebut tidak bisa mereka toleransi.

5. Sakit

kenapa kucing, sering tidur di dekat kita

Ketika si kucing sedang sakit, maka mereka akan cenderung akan tidur sepanjang hari, bahkan mereka akan sulit makan kemudian muntah – muntah.

Dengan kondisi tubuhnya yang lemas, makanan juga akan ditolak ketika masuk ke dalam tubuhnya.

Kitty yang masih berusia 3 bulan atau lebih mempunyai waktu tidur yang lebih panjang daripada hewan kucing dewasa sebab hormon pertumbuhan akan dilepaskan pada saat mereka beristirahat.

Serta si kucing tua juga mempunyai waktu tidur lebih lama daripada kucing dewasa karena adanya proses penuaan yang sedang dialami.

Pada dasarnya, pola tidur dengan waktu lama memang menjadi salah satu hal normal untuk kucing. Namun jika kucing tidur terus menerus serta melebihi waktu yang seharusnya, hal tersebut bisa menjaid tanda bahwa si meong sedang sakit. Bila waktu tidur si kucing diikuti dengan adanya kucing lemas serta tidak bergairah, sudah saatnya kalian bawa si kucing ke dokter hewan.

6. Penyakit Mulut

kucing tidur berapa jam

Cobalah dalam memeriksa mulut si kucing. Bisa jadi ada luka di dalam mulutnya.

Mulut kucing yang sedang terluka atau sakit bisa membuat ia sakit kemudian akan tidur dan kehilangan nafsu makannya.

Tak hanya karena mulutnya terluka, penyakit bau mulut pada kucing juga bisa membuat si meong akan tidur terus dan tidak mau makan.

Kalian dapat memberinya minum yang banyak kemudian kalian bawa ke dokter apabila mulutnya sudah mulai mengeluarkan bau tidak sedap.

7. Anemia Pada Kucing

kucing anemia

Anemia yang terjadi pada si meong juga bisa menyebabkan mereka akan tidur terus.

Apabila dirasa memang demikian, kalian harus segera memeriksa gusi si kucing.

Dan jika kalian menjumpai jika gusi kucing terlihat lebih pucat dari biasanya, maka kalian harus segera waspada, sebab terdapat kemungkinan si kucing terkena anemia.

Bawalah segera menuju dokter hewan, sebab perawatan yang terlambat bisa mengakibatkan kematian si meong.

8. Cuaca Dingin

kucing hamil tidur seharian

Kondisi cuaca dingin seperti sedang hujan juga bisa membuat kucing akan tidur terus menerus. Mereka biasanya akan tidur untuk menghangatkan tubuh mereka.

9. Kondisi Hamil

cat pregnant

Kucing yang terlihat tidur juga dapat menjadi salah satu ciri atau tanda bahwa si meong sedang hamil.

Hal tersebut kerap kali terjadi sebab untuk si kucing yang sedang hamil akan memiliki waktu tidur yang lebih lama daripada kucing normal yang sedang tidak hamil.

10. Perubahan Suhu

cat wih snow

Siapa yang mengira jika perubahan suhu yang drastis bisa membuat si kucing menjadi malas dan memilih untuk tidur, bahkan akan membuat nafsu makan si kucing itu berkurang?

Well, hal tersebut benar adanya, sebab ketika suhu turun, si kucing akan malas untuk makan, lebih malas dari biasanya serta akan memilih tidur dengan durasi yang lebih lama dari biasanya.

Pada suhu yang berubah menjadi tinggi atau panas, si kucing hanya minum serta jarang untuk menyentuh makanannya.

11. Hemat Energi

cat sleeping

Walaupun kucing nampak sangat jinak dan lucu, mereka sebetulnya mempunyai sisi psikologis sebagai predator.

Hal tersebut menunjukkan jika hewan ini akan menghabiskan banyak waktu berlari serta mengejar mangsa walaupun mereka dipelihara di dalam rumah (hewan peliharaan).

Sebagai predator, kucing akan memakai banyak energi guna berburu serta bersembunyi hingga mendekati lawan.

Oleh sebab itu, kucing cenderung akan menghemat energi supaya mereka tidak akan kelelahan.

Salah satu cara menghemat energinya yakni dengan menunjukkan pola tidur yang berlebihan.

12. Sikap Genetik Dasar

cat

Kebanyakan orang meyakini jika kucing merupakan hewan malam atau nokturnal (makhluk yang terjaga serta aktif di malam hari).

Tetapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab kucing merupakan makhluk senja paling efektif di pagi serta sore hari.

Hal itulah yang mempengaruhi pola tidur si kucing. Mereka bisa terlihat sangat aktif di pagi serta sore hari, sementara sepanjang hari lainnya mereka pakai untuk tidur.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.