Kucing Scottish Fold

Share
Comment 0 reply
Kucing Scottish Fold

Scottish Fold atau yang memiliki nama ilmiah sebagai Felis catus merupakan salah satu jenis kucing domestik yang memiliki ukuran sedang dengan mimik wajah yang sangat bulat.

Jenis dari kucing ini memperoleh namanya dari bentuk kupingnya sendiri yang melipat yakni “fold” atau berarti terlipat.

Di mana jika kita perhatikan, jenis dari kucing ini mempunyai bentuk kuping yang terlipat ke depan.

Dengan bentuk telinganya yang terlipat ini, kucing ini terlihat seperti burung hantu.

Berbeda halnya dengan jenis kucing Kucing American Curl yang juga sama-sama mempunyai kuping yang terlipat.

Hanya saja jenis Kucing American Curl telinganya terlipat ke belakang. Sedangkan Scottish Fold telinganya tertutup ke arah depan.

Kucing octtish fold ini berasal dari negara Skotlandia di mana kucing scottish ini merupakan salah satu kucing impian untuk para pecinta kucing.

Sebab kucing jenis ini sangat terlihat menggemaskan dengan bentuk wajahnya yang terlihat sangat bulat.

Sehingga tak heran banyak sekali orang-orang yang memelihara kucing ini.

Sejarah

Scottish Fold

Asal muasal dari kucing ras ini bermula dari adanya kucing putih yang bernama Susie. Kucing tersebut ditemukan di Perthshire, Skotlandia di tahun 1961.

Kucing yang bernama Susie itu mempunyai bentuk telinga yang tak biasa.

Di mana bentuknya terlihat terlipat ke depan, sehingga nampak seperti burung hantu.

Pada saat kucing tersebut mempunyai anak di tahun 1963, dua anak diantaranya lahir dengan keadaan telinga yang terlipat.

Serta salah satunya kemudian diadopsi oleh William Ross yang merupakan tetangga kebunnya sekaligus salah seorang pecinta kucing.

1. Asal Usul

asal usul scottish fold

Keturunan Susie hanya ada satu yang yang telinganya terlipat dan kemudian diberi nama sebagai Snooks, serta Snooks juga berwarna putih.

Sementara untuk anak betina lainnya langsung dikebiri selepas lahir.

Tiga bulan kemudian setelah si Snook dilahrikan, Susie kemudian mati sebab tertabrak mobil.

Sehingga dapat dikatakan jika semua kucing Scottish Fold mempunyai darah Susie sebagai nenek moyangnya.

William Ross kemudian mengadopsi kucing Snooks tersebut dan kemudian mendaftarkan kucingnya pada GCCF (Governing Council of the Cat Fancy) di negara Inggris di tahun 1966.

Serta mulai untuk melakukan breeding yang dibantu dengan pakar genetik bernama Pat Turner.

Hasil dari program breeding itu kemudian mampu menghasilkan keturunan sebanyak 76 anak kucing dalam tiga tahun pertama.

Dimana 42 anak kucing diantaranya mempunyai bentuk telinga yang terlipat.

Serta 34 sisanya mempunyai bentuk telinga normal atau lurus. Hasil tersebut menggambarkan jika mutasi dari telinga ras scottish fold ini adalah gen yang dominan.

2. Pengakuan Ras Kucing Scottish Fold

pengakuan ras

Ras dari kucing Scottish Fold ini pada mulanya tidak diakui di belahan Eropa, tepatnya oleh FIFe (Fédération Internationale Féline) dan juga GCCF yang menarik kembali pengakuan dari registry kucing Scottish Fold ini di tahun 1971.

Hal tersebut dilakukan sebab dikhawatirkan adanya mutasi genetik yang disebabkan adanya kecacatan yang nantinya akan berdampak terhadap kelumpuhan dari anggota badan serta ekor kucing ini sendiri.

Tak hanya itu saja, bentuk telinga dari ras kucing ini yang terlipat juga diyakini mampu memicu infeksi, kutu serta dapat mengakibatkan tuli.

Lain halnya di negara Amerika Serikat, selepas si kucing Scottish Fold ini kemudian diekspor ke sana, para peternak kucing berupaya untuk memperbaiki gen dari kucing scottish fold.

Dengan cara melakukan kawin silang antara Scottish Fold dengan kucing British Shorthair serta kucing American Shorthair.

Sampai waktu ini  ras dari Scottish Fold ini tidak ditemukan adanya masalah infeksi di telinganya seperti yang dikhawatirkan sebelumnya.

Hanya saja lapisan lilin kotoran pada telinga kucing Scottish Fold akan lebih banyak daripada dengan kucing ras lainnya.

Sampai sekarang ini, kucing ras Scottish Fold ini telah diakui oleh TICA (The International Cat Association) serta CFA (Cat Fanciers’ Association).

Jenis

jenis

Perlu untuk kalian ketahui jika ras kucing ini mempunyai dua jenis kucing scottish yang dapat kalian jadikan sebagai hewan peliharaan kalian.

Kedua jenis tersebut dapat kalian bedakan dengan bentuk telinganya yang unik dan menjadi ciri utama dari ras kucing ini.

Berikut ini adalah dua jenisnya, antara lain:

1. Folded ear

Folded ear

Sesuai dengan sebutannya yaitu folded ear di mana jenis ini mempunuai telinga yang terlipat.

Kucing dari ras scottish fold berjenis folded ear ini juga mempunyai bentuk telinga yang terlipat ke depan seperti scottish pada umumnya.

Dan bentuk telinganya biasanya di dapat pada saat kucing jenis ini telah beranjak dewasa, telinganya kemudian akan terlipat ke depan disebabkan adanya hasil mutasi dari genetika yang spontan.

2. Straight ear

Straight ear

Sesuai dengan namnya Straight ear yang mempunyai arti telinga yang lurus atau normal.

Sehingga si Scottish straight ear ini mempunyai bentuk telinga yang lurus atau dapat disebut normal seperti pada kucing lainnya.

Ciri Ciri Kucing Scottish Fold

Berikut ini adalah beberapa ciri dari kucing ras Scottish Fold, antara lain:

1.  Bentuk kepalanya

scottish fold cat

Salah satu ciri yang menonjol dan cukup mudah untuk mengenali ras scottish fold ini adalah melihat bentuk kepalanya.

Di mana bentuk kepala dari ras kucing ini terlihat sangat bulat dan lucu serta memiliki telinga yang terlipat ke bawah.

Sehingga, hal tersebut membuat wajah dari kucing ini semakin bulat. Pipinya juga dapat dikatakan kokoh.

Jika matanya sendiri juga cukup menarik. Karena apabila kita melihat matanya maka akan terbuka lebar dan terlihat besar.

2. Lehernya yang pendek

leher

Jika kalian perhatikan dalam gambar di atar  maka dapat kita jumpai juga jika ciri dari kucing scottish fold yang asli yaitu mempunyai bentuk leher yang pendek.

3. Bulu pada kucing scottish fold

bulu scottish fold

Sebetulnya warna dari bulu kucing ini tergantung dengan jenisnya.

Terdapat jenis dari kucing scottish fold yang bulunya sedang serta tidak begitu lebat.

Namun bulunya cukup hanya untuk menutupi tubuhnya. Namun, ras dari kucing ini juga ada yang mempunyai bulu yang panjang.

Warna yang ada pada ras kucing scottish fold diantaranya seperti:

  • Hitam
  • Putih
  • Coklat
  • Cameo
  • Krem
  • Biru

Sementara untuk corak atau pola warnanya sendiri antar lain:

  • Tabby
  • Tricolor
  • Bicolor
  • Smoke
  • Shaded
  • Solid
  • Spots

4. Bentuk ekornya

ekornya

Pada umumnya, bentuk ekor dari jenis ras kucing scottish fold ini yaitu mempunyai bentuk ekor yang diselimuti dengan bulu yang sedang atau ada juga yang panjang. Di mana akan menyesuaikan dengan bulu yang menyelimuti tubuhnya.

5. Postur tubuh

postur tubuh scottish fold

Postur tubuh pada kucing ini memiliki ukuran sedang serta apabila kita perhatikan maka kucing ini akan terlihat sangat bulat.

Pada umumnya, untuk pejantan dari kucing scottish fold ini memiliki bobot seberat 4 sampai 6 kg.

Sementara untuk yang betina, memiliki bobot seberat 2.7-4 kg.

Dan untuk bentuk kaki dari ras kucing ini pada umumnya berukuran sedang atau dapat kita katakan pendek.

6. Bentuk Matanya

eyes

Bentuk mata dari kucing ras ini terlihat sangat bulat serta mempunyai beragam warna bola mata seperti biru serta kuning keemasan.

7. Bentuk Hidungnya

scottish fold nose

Sedangkan untuk bentuk hidungnya mempunyai bentuk hidung yang terlihat mungil dan tidak mancung namun berbentuk oval.

Keunikan Kucing Scottish Fold 

scottish fold kitten

Setelah kalian mengetahui ciri-cirinya, lantas bagaimana dengan karakteristik dari kucing scottish fold sendiri?

Berikut ini akan kami berikan beberapa karakteristik khas yang dimiliki kucing ini, antara lain:

  1. Kucing ini mempunyai sifat yang ramah sekaligus tenang. Serta kucing ini juga mampu beradaptasi dengan cepat terhadap jenis kucing yang lainnya di dalam sebuah rumah.
  2. Kucing ini juga tergolong ke dalam kucing yang cerdas serta gemar apabila kita ajak bermain. Untuk kucing scottish dewasa sangat gemar berkeliaran di luar rumah serta lebih senang untuk bermain di luar rumah daripada melakukannya di dalam rumah.
  3. Kucing ini juga tidak suka dengan suasana yang sepi, apabila kucing ini berada di tempat yang sepi maka kucing ini akan mengalami tekanan dan kemudian stress.
  4. Ciri khusus yang ada pada scottish fold ini di mana ia suka sekali tidur dengan posisi yang telentang. Sementara untuk keunikannya sendiri di mana ia memiliki suara meong yang sangat lemah lembut dibandingkan dengan ras yang lain, lucu bukan?
  5. Vokal serta bunyi dari dengkurannya pada waktu ia tidur juga lain dari ras kucing yang lainnya.
  6. Tingkah laku atau aktifitas dari scottish fold ini pada umumnya ia sangat suka duduk dengan posisi kaki belakangnya yang terlentang.

Sementara untuk bagian kaki bagian depannya diletakan pada perut mereka. Posisi seperti ini juga sering disebut sebagai posisi budha.

Sifat Kucing Scottish Fold

scottish fold munchkin

Berikut ini adalah beberapa sifat dari ras kucing socttish fold, antara lain:

1. Ramah dan juga penyayang

Salah satu sifat yang dimiliki oleh si scottish fold ini yang paling menonjol ialah ia memiliki sifat ramah dan juga penyayang.

Kucing ini juga tergolong ke dalam kucing yang perhatian bersahabat, serta tentunya ia sangat menyayangi orang-orang yang berada di dekatnya, khususnya pemiliknya.

Kucing ini juga suka sekali apabila kiga berikan kasih sayang dan juga perhatian,  sehingga apabila kalian memberi perhatian dan juga kasih sayang kepada scottish kesayangan kalian, maka si meong ini kemudian akan membalasnya kasih sayang kalian 2 kali lipat.

2. Mudah beradaptasi

Kucing ras scottish fold ini juga merupakan salah satu jenis kucing yang sangat mudah untuk beradaptasi, sehingga ia tidak akan bermasalah apabila harus dihadapkan jenis kucing lainnya dan ditempatkan di tempat yang sama.

Sebagai contoh kalian memelihara kucing dari ras scottish namun juga memiliki kucing dari ras anggora , maka kalian tidak perlu khawatir, sebab kucing ini tidak akan cemburu kepada kucing lainnya yang juga hidup berdampingan di tempat yang sama.

3. Energik

Ras scottish fold ini sangat gemar bermain di luar ruangan, bahkan ia juga akan merasa stress dan tertekan apabila ia terus menerus mendekam di dalam ruangan.

Maka ada baiknya jika kalian mengajaknya jalan-jalan.

Kucing dari ras yang satu ini adalah jenis kucing yang tergolong aktif dan energik, sehingga ia tidak bisa anteng dan sangat suka bergerak.

Apabila kucing ini bermain di luar ruangan maka kucing ini dapat bergerak lebih bebas ke sana kemari. Dan hal tersebut membantu moodnya membaik.

4. Pintar

Kucing dari ras scottish ini juga dianggap sebagai kucing yang mempunyai tingkat kecerdasan yang tinggi jika dibandingkan kepada jenis ras kucing yang lainnya.

Masalah Kesehatan Umum

masalah kesehatan

Scottish Fold ini merupakan ras kucing yang rentan kepada penyakit, diantaranya seperti penyakit penyakit ginjal polikistik (pertumbuhan kista yang ada pada ginjal) serta kardiomiopati (kelainan pada jantung).

Dan kucing ini mempunyai harapan hidup bisa mencapai sekitar usia 15 tahun.

Cara Merawat 

scottish fold indonesia

Kucing scottish merupakan jenis ras kucing yang unik serta berbeda daripada kucing ras lainnya.

Di mana kucing ini mempunyai ciri fisik yang lebih lucu serta terlihat sangat menggemaskan yang membuat kucing ini juga dibandrol dengan harga yang tergolong mahal.

Sehingga, apabila kalian berencana untuk memeliharanya, kalian juga harus pintar untuk mengerti bagaimana cara merawat kucing scottish fold ini.

Berikut ini akan kami berikan beberapa cara untuk merawatnya, antara lain:

1. Memberi si scottish kasih sayang dan waktu bermain bersama

Untuk memelihara seekor kucing ras kewajiban kalian bukan hanya memberi makan dan minumnya saja.

Namun, kalian juga harus memberikan waktu luang untuk bermain bersamanya dan juga kasih sayang.

Terlebih si kucing scottish ini adalah jenis kucing yang mempunyai sifat penyayang dan tidak suka kesepian.

Maka dari itu, kalian juga harus memberinya perhatian serta kasih sayang yang lebih.

2. Memberi makanan serta minuman yang sesuai

Pastikan kalian juga memberinya makan dengan makanan sekaligus minuman yang pas atau sesuai dengan usia kucing kalian.

Sebab, terdapat ragam jenis makanan kecil yang ditujukan untuk si anak kucing serta kucing dewasa. Sebab, kandungan yang dibutuhkan keduanya berbeda.

3. Melakukan grooming dan juga vaksin

Penampilan dari kucing yang lucu juga harus kalian rawat dengan cara perawatan groomingnya supaya bulu kucing kesayangan kalian tetap terawat dan sehat.

Serta pemberian vaksin juga bertujuan agar si meong selalu sehat.

4. Memandikannya

Dan jangan lupa untuk kalian mandikan kucing kesayangan kali ini. Hal ini juga bertujuan untuk kesehatan bulu dan juga daya tahan si kucing.

Mandikan kucing kalian minimal satu kali seminggu jika si meong kotor banget dan dua minggu sekali juga cukup.

Kegiatan mandi ini juga menjadi salah satu cara untuk menghilangkan kutu pada bulu kucing.

Harga Kucing Scottish Fold

Harga Kucing Scottish Fold

Sementa untuk harganya sendiri, kucing ini dapat dikatakan cukup mahal.

Meskipun harganya cukup beragam serta tidak terdapat harga yang pasti dari seekor binatang.

Namun diketahui harga rata-rata dari kucing ini yang masih berumur 3 bulanan dapat mencapai 3 hingga 6 juta rupiah.

Sementara untuk si kucing scottish yang dewasa pada umumnya dibandrol dengan harganya lebih mahal lagi yakni sekitar 6 hingga 9 juta rupiah.

Harga itu namun juga akan dipengaruhi oleh keadaan dari kucing itu sendiri.

Jika kesehatan dan juga penampilan si kucing semakin baik dan juga lucu serta menggemaskan maka harganya juga akan mengikuti atau semakin mahal.

Kondisi lain yang juga diperhatikan pada kucing ras ini juga dapat dilihat dari adanya proses vaksinasi, sertifikat serta yang lainnya.

Sebab dalam hal mengadopsi kucing scottish ini juga akan membutuhkan sertifikat.

Untuk memudahkan kalian mengira-ngira harga dari kucing ini, berikut akan kami berikan daftar harganya, antara lain:

Jenis KucingUsiaHarga
Kucing Scottish Fold Ukraine Asli1 Tahun 3 BulanRp25.000.000
Kucing Scottish Fold Kaskus Murah3 BulanRp2.500.000
Kucing Scottish Fold Asli Betina Shorthair Ped CFA3 BulanRp16.500.000
Kucing Scottish Fold Asli Kitten di Indonesia2 BulanRp7.500.000
Kucing Scottish Fold Asli2,5 BulanRp6.000.000
Kucing Scottish Fold Anakan2,5 BulanRp6.500.000
Kucing Scottish Fold Mix Exotic5 BulanRp2.500.000
Kucing Scottish Fold Jantan Non-Ped 20153 BulanRp8.000.000
Kucing Scottish Fold Dewasa PED CFA6 BulanRp13.000.000
Kucing Scottish Fold Kitten Shorthair Jantan Ped CFA3 BulanRp16.500.000

Demikianlah ulasan mengenai kucing scottish fold, semoga dapat menambah informasi untuk kalian ya.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.