Kandang Anjing

Share
Comment 0 reply
Kandang Anjing

Kandang menjadi hal utama yang harus kalian perhatikan apabila ingin memelihara hewan peliharaan. Begitu juga untuk kalian yang ingin memelihara anjing. Anjing ini akan membutuhkan kandang untuk tempat ia beristirahat atau tidur setelah sehari penuh melakukan berbagai kegiatan.

Kandang anjing juga harus ditentukan berdasarkan bahan, ukuran, dan juga warna yang tepat. Hal tersebut tak lain memiliki tujuan agar si anjing merasa nyaman di dalamnya.

Jenis Kandang Anjing

Untuk memilih kandang anjing, maka hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah ukurannya. Karena ukuran kadang ini harus disesuaikan dengan besar kecilnya, serta sifat energiknya si hewan peliharaan.

Dan untuk jenisnya sendiri, secara umum jenis kandang terbagi menjadi dua. Yakni kandang permanen dan kandang tidak permanen, berikut penjelasannya:

1. Kandang Permanen

kandang anjing besar

Kandang permanen pada umumnya dibuat dengan menggunakan bahan dasar berupa teralis besi serta pagar yang digunakan untuk rumah.

Bisanya, jenis kandang seperti ini akan diletakan di halaman depan rumah, sudut halaman taman rumah, atau ruang terbuka yang lain.

Untuk membuatnya juga harus dipikirkan secara matang, sebab untuk membongkarnya akan sangat sulit dilakukan.

Sedangkan untuk peletakannya pun harus benar benar pas. Dimana posisi kandang dapat terkena sinar matahari supaya tidak lembab.

Serta lantai kandangnya harus dibuat miring yang pas supaya tidak menyebabkan genangan air yang kotor di dalam kandang.

2. Kandang Tidak Permanen

jual kandang anjing

Kandang tidak permanen biasanya berupa kandang yang dijual di petshop maupun toko hewan yang lain.

Pada umumnya, jenis kandang seperti ini berbahan dasar alumunium dan juga besi. Untuk kelebihannya, kandang ini cenderung lebih simple, dan prakti.

Namun untuk kekurangannya yaitu mempunyai ruang gerak yang sangat minim. Untuk kalian yang hendak membeli kandang jenis ini, maka sebaiknya kalian memilih kandang dengan bahan yang kuat serta beli dengan ukuran yang sudah disesuaikan dengan hewan peliharaan kalian.

Selain ukuran, kalian juga harus memperhatikan alas jeruji yang ada di bawah kandang. Cari celah yang tidak besar, supaya kaki anjing tidak masuk ke dalam celahnya.

Dan sebaiknya kalian jangan membeli kandang berbahan dasar kayu, sebab kayu ini mampu menyerap air. Dimana hal tersebut akan membuat ruang si anjing menjadi lembab serta dapat mengundang penyakit dan juga kutu.

Kalian pun dapat menambahkan tempat tidur khusus di dalam jenis kandang satu ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan

dog in a cage

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kalian perhatikan ketika akan membuat kandang anjing yang baik, antara lain:

1. Kandang harus mempunyai tempat teduh

Kandang yang baik untuk dijadikan sebagai tempat tinggal anjing pada umumnya harus mempunyai tempat teduh untuk menjaga anjing dari panas matahari serta hujan.

Untuk pola kandang anjing yang menggunakan atap terbuka disarankan memiliki skala perbandingan 40-60.

Hal tersebut bertujuan supaya si anjing akan merasa nyaman untuk singgah di dalamnya.

2. Mempunyai sirkulasi udara yang bagus

Supaya kandang anjing tidak lembab, maka kalian pastikan jika kandang nya memiliki ventilasi udara yang cukup untuk sirkulasi udara di dalam kandang anjing dapat berjalan lancar.

Sebab, kandang yang lembab akan menjadi sarang bakteri dan dapat membuat anjing kalian sesak nafas.

Selain mencegah kelembaban, hal tersebut juga bermanfaat untuk kesehatan si anjing.

3. Mempunyai sisi tempat teduh yang terkena matahari

Upayakan pada waktu kalian menentukan lokasi untuk membuat kandang anjing, kalian pilih tempat yang lebih sering terpapar sinar matahari pagi.

Hal tersebut bermanfaat bagi kesehatan si anjing supaya terbebas dari jamur dan juga mencegah kandanga nya lembab. Tak hanya itu saja, kandang ini pun nantinya juga tidak akan mudah untuk terpapar terik matahari sore.

4. Alas kandang harus mempunyai sudut kemiringan yang pas

Kalian juga harus memperhatikan lantai kandangnya, apakah memiliki sudut kemiringan yang pas. Sebab, hal tersebut bertujuan supaya tidak terdapat genangan air di dalam kandang.

Tak hanya itu saja, alas yang miring ini juga akan memudahkan kalian pada waktu membersihkan kandang.

5. Lantai bermain tidak licin dan membahayakan

Untuk area bermain di dalam kandang, kalian dapat memakai semen, rumput maupun paving block. Tetapi apabila kalian memilih untuk memakai semen, maka sebaiknya kalian bentuk semen itu menjadi kasar supaya tidak licin untuk dijadikan pijakan anjing pada waktu bermain.

6. Menyediakan ruang untuk tempat kotoran anjing

Syarat untuk membuat kandang yang baik adalah kalian harus dapat menyediakan ruang untuk meletakan tempat kotoran anjing pada bagian sudut kandang itu sendiri.

Supaya, pada waktu si anjing hendak poop, mereka tidak akan membuang kotorannya secara sembarangan.

7. Menyesuaikan ukuran kandang

Hal terakhir namun selalu disinggung pada bagian sebelumnya adalah kalian harus menyesuaikan ukuran kandang anjing anda yang akan kalian buat.

Apabila ukuran anjing kalian sudah diukir, maka selanjutnya kalian harus menentukan ukuran kandang yang jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran anjing kalian.

Hal tersebut bertujuan untuk memberi ruang gerak pada anjing agar mereka dapat merasa nyaman di dalam kandang.

Cara Membuat Kandang Anjing Sendiri

cara membuat kandang anjing

Cara membuat kandang paling mudah adalah dengan menggunakan bahan dasar papan kayu, berikut ini adalah tahapan singkatnya:

Bahan

  • Papan kayu bagus & tebal
  • Kayu
  • Bata
  • Isolasi

Pembuatan Kandang

1. Membuat rencana pembangunan masa depan

Kalian tidak boleh membuat kandang yang terlalu kecil, karena hal tersebut akan membuat si anjing merasa sesak. Namun juga tidak terlalu lebar, sebab ruangan yang besar akan sulit untuk menghangatkan badan si anjing.

Dan kalian dapat mengukur kandang dalam jangka panjang dengan mengukur parameter anjing. Berikut ketentuannya:

  • Lebar lubang got yaitu lebar dada anjing dengan lima sampai delapan sentimeter.
  • Tinggi manhole merupakan tinggi seekor anjing pada withers minus lima sentimeter.
  • Lebar &  panjang stan merupakan panjang anjing diukur dari hidung sampai ekor.
  • Ketinggian bilik harus sama dengan ketinggian anjing dari ujung kepala hingga ujung kaki.

2. Untuk anak anjing, kalian dapat memperkirakan ukuran anjing tersebut ketika besar. Kalian dapat membuat kandangnya lebih luas daripada ukuran si puppy.

3. Menemukan lokasi yang pas untuk meletakan kandang. Untuk posisi yang paling tepat dapat kalian taruh di sudut bagian selatan. Sebab hal tersebut dapat menjaga anjing ketika musim gugur dan musim dingin.

4. Siapkan batang kayu dan bata untuk menempatkan stan.

Batang tersebut akan digunakan sebagai alas kandang. Kemudian kalian memasang papan di bagian bawah stan pada jeruji. Insulasi khusus bed top, memiliki ketebalan minimal 50 milimeter. Kemudian bentuk kandang secara persegi.

5. Selanjutnya membuat lantai kandang.

Pada waktu bagian bawah stan telah selesai dibangun menjadi tembok rumah. Dinding serta langit-langit juga harus mempunyai konstruksi yang sama seperti lantai – lantai ganda, diantara papan yang terdapat isolasi tebal.

Untuk melindungi anjing di hawa dingin, kalian juga bisa melapisi lantai, dinding serta langit-langit dengan menggunakan kayu lapis maupun kain.

6. Untuk mencegah atap merembes, kalian harus membuat atapnya menjulur ke depan dengan panjang 20-30 sentimeter. Sehingga airnya tidak akan masuk ke dalam kandang.

Kemudian memasang papan atau lembaran ondulin di sisi depan. Di dalam kandang, kalian dapat menaruh kertas atau sampah bersih yang lembut.

Harga Kandang Anjing

Untuk kalian yang tidak ingin repot membuat kandang, berikut ini adalah beberapa referensi kandang yang dapat kalian beli, antara lain:

Nama KandangHarga
Kandang Aluminium Single LargeRp4.600.000
Dog Cage DC1250Rp2.340.000
Flip Over CageRp1.498.000
OxGord Playpen Tent KennelRp246.200
Kandang Besar Berbahan SengRp2.100.000
Kandang Lipat Stainless SSD 305Rp1.365.000
Kandang Lipat BerodaRp429.900
Kandang Anjing + Bak Plastik D-196Rp598.000
Kandang Anjing dengan Teras Bertingkat CA02Rp990.000
Kandang Anjing D03 BiruRp320.000

Beberapa kandang di atas dapat kalian pesat melalui Lazada, Bukalapak, dan Tokopedia dengan menggunakan keyword pada kolom nama kandang.

FAQs

Cara membuat kandang anjing yang baik?

Berikut ini adalah beberapa syarat untuk membuat kandang yang baik, diantaranya yaitu:
1. Kandang harus mempunyai tempat teduh.
2. Mempunyai sirkulasi udara yang bagus.
3. Mempunyai sisi tempat teduh yang terkena matahari.
4. Alas kandang harus mempunyai sudut kemiringan yang pas.
5. Lantai bermain tidak licin & membahayakan.
6. Menyediakan ruang untuk tempat kotoran anjing.
7. Menyesuaikan ukuran kandang.

Alas kandang anjing yang baik?

Perhatikan alas jeruji yang ada di bawah kandang. Cari celah yang tidak besar, supaya kaki anjing tidak masuk ke dalam celahnya.
Kalian juga harus memperhatikan lantai kandangnya, apakah memiliki sudut kemiringan yang pas. Sebab, hal tersebut bertujuan supaya tidak terdapat genangan air di dalam kandang.

Kandang yang baik untuk anak anjing?

Kalian dapat membuat kandangnya lebih luas daripada ukuran si anak anjing.

Ukuran kandang anjing yang ideal?

Ukuran kadang harus disesuaikan dengan besar kecilnya, serta sifat energiknya si hewan peliharaan kalian nantinya.
Untuk anjing dengan trah besar, seperti rottweiler minimal ukurannya 1m x 3m. Ukuran juga bisa kalian sesuaikan dengan lahan yang tersedia.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.