Hewany Make Your Pets Happy

Ikan Cupang Termahal

6 min read

Ikan Cupang Termahal

Ikan Cupang atau ikan yang bernama latin Betta Sp merupakan salah satu ikan hias yang memiliki kecantikan luar biasa. Karena kecantikannya tersebut banyak orang yang ingin memiliki ikan cupang ini meski dengan harga termahal sekalipun.

Selain itu, ikan ini juga sangat mudah dipelihara dan sangat mudah ditemukan di daerah Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Pasalnya ikan cupang merupakan spesies ikan tropis yang hidup di rawa – rawa dengan ukuran tubuh hanya mencapai 5 cm saja.

Dengan karakternya yang tangguh maka ikan cupang dapat di pelihara walau hanya di dalam toples dan tanpa menggunakan peralatan khusus lainnya. Mereka akan tetap dapat bertahan hidup di dalamnya.

Ikan cupang juga memiliki alat pernafasan tambahan yang disebut dengan labirin (labyrinth). Alat pernafasan tambahan ini berfungsi untuk mengambil oksigen langsung dari udara.

Dengan demikian cupang mampu bertahan hidup meski dalam kondisi kekurangan oksigen.

Karena ikan cupang merupakan spesies ikan tropis jadi mereka tidak bisa hidup di suhu yang sangat rendah, mereka akan mati jika suhunya terlalu rendah.

Jadi supaya mereka dapat hidup dengan baik, maka sebaiknya tempatkan mereka di tempat yang cukup hangat.

Ikan cupang juga merupakan ikan hias yang sangat agresif. Mereka terkenal suka berkelahi satu sama lainnya untuk mempertahankan wilayahnya.

Jadi jika kalian memelihara ikan ini, jangan satukan ikan cupang satu dengan ikan cupang dua apalagi dengan ikan hias lainnya.

Ikan cupang sendiri dikelompokkan ke dalam dua jenis. Pertama adalah ikan cupang hias, ikan ini hanya dinikmati keindannya saja.

Kedua adalah ikan cupang aduan, selain sebagai hiasan ikan ini juga cocok untuk diadu karena sifat ikan cupang aduan yang sangat agresif.

Dari kedua jenis ikan cupang tersebut terdapat ikan – ikan cupang termahal yang ada di Indonesia bahkan termahal pula di dunia. Kali ini kami akan membahas ikan cupang termahal yang ada di Indonesia.

Ada banyak sekali jenis ikan cupang di Indonesia, namun pada dasarnya ikan cupang hanya dikelompokkan ke dalam dua jenis saja seperti yang suda dijelaskan tadi.

Berikut kami sampaikan jenis ikan cupang hias maupun aduan termahal di Indonesia :

1. Ikan Cupang Kachen Worachai

Kachen Worachai

Ikan cupang jenis ini merupakan jenis ikan cupang yang terjual dengan harga fantastis termahal di dunia, yaitu terjual dengan harga Rp20.000.000 yang laku di jual di Thailand.

Dengan demikian ikan cupang kachen worachai ini menjadi rekor penjualan ikan cupang termahal di dunia.

Sebenarnya nama ikan ini bukan ikan cupang kachen worachai namun pemilik dari ikan termahal di dunia ini bernama Kachen Worachai, jadi banyak orang yang menyebutnya sebagai ikan cupang kachen worachai.

Ikan ini terjual dengan harga mahal karena warna dari ikan ini menyerupai bendera nasional Thailand.

2. Ikan Cupang Fancy

Fancy

Ikan cupang fancy juga berasa dari Thailand, karena memang banyak sekali ikan aduan yang bagus – bagus berasal dari negara tersebut.

Ikan cupang ini memiliki sirip yang pendek seperti yang dimiliki oleh ikan cupang plakat. Namun untuk faktor warnanya, ikan cupang satu ini memiliki warna yang lebih beragam dan sangat cantik, tidak seperti ikan cupang plakat.

Selain itu, warna dari ikan cupang kali ini adalah kombinasi dari beberapa warna yang mirip menyerupai sebuah lukisan.

Hal inilah yang menjadi keunikan dan ciri khas dari ikan cupang fancy dan tidak dimiliki oleh ikan cupang jenis lain.

Di pasaran terdapat ikan cupang fancy dengan harga yang berbeda – beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincaan sang ikan. Berikut adalah daftar harga dari ikan cupang fancy :

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Fancy AnakanRp100.000
Ikan Cupang Fancy DewasaRp300.000
Ikan Cupang Fancy IndukanRp350.000
Ikan Cupang Fancy JuaraRp2.000.000

3. Ikan Cupang Plakat

Plakat

Plakat adalah nama yang berasal dari bahasa Thailand, yaitu Plakad yang memiliki arti tarung. Jadi ikan cupang plakat termasuk ikan cupang aduan.

Meskipun ikan ini termasuk ke dalam ikan cupang aduan, namun ikan cupang ini tidak kalah cantik dan indah dengan ikan cupang yang lainnya.

Ikan cupang plakat memiliki penampilan yang menarik dengan tubuh yang besar dan gagah.

Ikan cupang plakat memiliki sirip dan ekor yang pendek dan tumpul dengan warna sisik dari ikan cupang jenis ini cenderung gelap dan tidak mencolok.

Jadi jika kalian memilih ikan cupang plakat ini sebagai ikan aduan maka kalian menemukan pilihan yang tepat.

Karena selain ikan ini merupakan ikan aduan, pergerakan dari ikan ini pun sangat agresif pada saat ada musuh yang mendekatinya.

Ikan ini masuk ke Indonesia pada tahun 2000-an yang diperkenalkan untuk melawan boomingnya ikan Louhan.

Ikan cupang plakat ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia oleh Henry Gunawan, Joty Atmadjaja, dan Hermanus.

Di pasaran terdapat ikan cupang plakat dengan harga yang berbeda – beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincaan sang ikan. Berikut adalah daftar harga dari ikan cupang plakat :

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Plakat AnakanRp60.000
Ikan Cupang Plakat DewasaRp150.000
Ikan Cupang Plakat IndukanRp180.000
Ikan Cupang Plakat JuaraRp2.000.000

4. Ikan Cupang Double Tail

Double Tail

Ikan cupang double tail atau sering disebut sebagai ikan cupang cagak atau ikan cupang ekor ganda yang memiliki keunikan pada ekornya, yaitu memiliki dua ekor yang terbelah menjadi dua atau ekor ganda.

Ekor ganda terlihat begitu cantik, indah, dan menawan membuat siapa saja betah melihatnya. Selain itu ikan cupang ini juga memiliki pangkal sirip punggung dan sirip anal yang sama rata.

Jenis cupang double tail yang baik adalah ikan yang tida memiliki celah atau jarak di antara ketiga siripnya yaitu dari anal, kaudal, dan dorsal.

Dan pada saat mengembang sempurna, maka keseluruhan sirip itu akan membentuk satu kesatuan yang berupa lingkaran utuh yang simetris.

Namun ikan cupang jenis ini sangat sulit untuk pengembangbiakannya, jadi sangat sulit pula ikan cupang jenis ini ditemujan di pasaran.

Akan tetapi masih ada beberapa pedagang ikan hias yang menyediakan ikan cupang jenis ini, meski tidak banyak. Berikut adalah harga dari ikan cupang double tail menurut umur, ukuran, keindahan, dan kelincaan sang ikan :

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Double Tail AnakanRp50.000
Ikan Cupang Double Tail DewasaRp100.000
Ikan Cupang Double Tail IndukanRp120.000
Ikan Cupang Double Tail JuaraRp1.200.000

5. Ikan Cupang Halfmoon

Halfmoon

Jenis ikan cupang satu ini sering disebut dengan sebutan ikan cupang bulan setengah karena ikan ini memiliki sirip ekor yang simetris menyerupai bentuk setengah bulan.

Ekor berbentuk setangah bulan tersebut terlihat sangat cantik, indah, dan mempesona. Bahkan ketika ikan cupang ini bergerak, mereka memperlihatkan keanggunan mereka yang akan membuat siapa saja ingin melihatnya.

Kecantikan ikan cupang halfmoon ini juga tidak hanya terlihat pada bagian ekor dan siripnya saja, akan tetapi juga terdapat hampir di keseluruhan tubuh ikan cupang.

Tidak hanya itu, warna ikan cupang halfmoon juga sangat beraneka ragam yang pastinya memiliki keindahan tersendiri di mata para pecinta ikan cupang, baik hias maupun aduan.

Ikan cupang halfmoon sendiri merupakan ikan yang berasal dari Thailand dan juga merupakan hasil perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Amerika Serikat, yaitu Peter Goettner sekitar tahun 1980-an.

Ikan cupang halfmoon juga pernah dikawin silangkan dengan ikan cupang plakat dan didapatkan hasil ikan cupang plakat halfmoon.

Baca juga: Ikan Sepat

Ikan ini masuk ke Indonesia sekitar 10 tahun yang lalu dan langsung mendapat respon positif dari pasar ikan di Indonesia. Perkembangan ikan ini di Indonesiapun berkembang dengan sangat pesat.

Di pasaran terdapat ikan cupang halfmoon dengan harga yang berbeda – beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincaan sang ikan. Berikut adalah daftar harga dari ikan cupang halfmoon :

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Halfmoon AnakanRp40.000
Ikan Cupang Halfmoon DewasaRp80.000
Ikan Cupang Halfmoon IndukanRp100.000
Ikan Cupang Halfmoon JuaraRp500.000

6. Ikan Cupang Crown Tail

Ikan Cupang Crown Tail

Jenis ikan cupang satu ini sering disebut dengan sebutan ikan cupang serit karena ikan ini memiliki sirip ekor yang khas seperti sisir atau bahkan terlihat seperti layar yang sobek.

Terdapat dua jenis ikan cupang serit yaitu serit tunggal dan serit dauble atau serit ganda.

Ikan cupang serit ini berasal dari Indonesia dan merupakan hasil dari perkawinan silang yang dilakukan oleh breeder Indonesia.

Ikan cupang jenis ini dikembangbiakan oleh para peternak asli Indonesia tepatnya di daerah Slipi, Jakarta.

Keindahan dari ikan cupang crown tail ini memang sudah diakui oleh dunia dan ikan ini juga suda pernah dipertandingkan di IBC (International Betta Congress).

Di pasaran terdapat ikan cupang crown tail dengan harga yang berbeda – beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincaan sang ikan. Berikut adalah daftar harga dari ikan cupang crown tail :

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Crown Tail AnakanRp15.000
Ikan Cupang Crown Tail DewasaRp40.000
Ikan Cupang Crown Tail IndukanRp60.000
Ikan Cupang Crown Tail JuaraRp300.000

7. Ikan Cupang Slayer

Ikan Cupang Slayer

Banyak orang awam yang tidak tahu bahwa ikan cupang slayer ini merupakan hasil perkawinan silang dari ikan cupang halfmoon dan ikan cupang serit.

Dengan perkawinan silang tersebut maka menghasilkan ikan cupang jenis baru yang sempat menjadi tren di sekolah – sekolah.

Para siswa membeli ikan cupang slayer ini untuk diadu dengan ikan cupang slayer lain milik temannya.

Di pasaran terdapat ikan cupang slayer dengan harga yang berbeda – beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincaan sang ikan. Berikut adalah daftar harga dari ikan cupang slayer :

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Slayer AnakanRp25.000
Ikan Cupang Slayer DewasaRp50.000
Ikan Cupang Slayer IndukanRp80.000
Ikan Cupang Slayer JuaraRp300.000

8. Ikan Cupang Giant

Giant

Ikan cupang giant juga berasal dari Thailand, ikan ini banyak ditemui di sungai dan danau di Thailand.

Seperti namanya, ikan cupang giant memiliki bentuk tubuh yang besar. Bahkan ukuran tubuhnya dapat mencapai 2 sampai 3 kali lipat dari ukuran ikan cupang pada umumnya.

Dengan tubuhnya yang besar, maka ikan cupang giant ini sangat cocok dijadikan sebagai ikan cupang aduan.

Ikan cupang ini pertama kali dikembangbiakkan pada tahun 1999 oleh Mr. Athapon (Uncle Sala) dan putranya Mr. Natee yang merupakan pemiliki dari Diamond Fish Farm.

Di pasaran terdapat ikan cupang giant dengan harga yang berbeda – beda tergantung umur, ukuran, keindahan, dan kelincaan sang ikan. Berikut adalah daftar harga dari ikan cupang giant :

Jenis Ikan CupangHarga
Ikan Cupang Giant AnakanRp20.000
Ikan Cupang Giant DewasaRp50.000
Ikan Cupang Giant IndukanRp80.000
Ikan Cupang Giant JuaraRp200.000

9. Ikan Cupang Aduan

Aduan

Pada umumnya ikan cupang aduan bertubuh full pressed body atau ramping. Jika diperhatikan dengan seksama terdapat cekungan halus dari ujung tubuh hingga samping perutnya.

Tubuh ikan cupang ini pun bersisik kecil tapi tebal dengan jari – jari sirip ekor halus dan rapat. Jari – jari sirip yang besar tersebut rawan terserang jamur, apalagi saat sirip sedang luka.

Bibir ikan cupang aduan ini tebal dan memiliki dahi yang mirip dengan ikan arwana. Pembawaannya low profile atau santai tapi sangat waspada.

Ikan cupang model ini sering kali menjadi raja yang kejam ketika di medan laga. Sifatnya yang kejam sangat bertolak belakang dengan warna tubuhnya yang indah dan mempesona.

Mereka akan menghabisi musuh tanpa ampun. Terkadang petarungan mereka berakhir dengan kematian lawannya.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai jenis ikan cupang termahal di Indonesia bahkan termahal di dunia. Semoga informasi di artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca sekalian. Terima kasih 🙂

Hewany Make Your Pets Happy

Ikan Sumatra

Hewany
3 min read

Ikan Air Payau

Hewany
7 min read

Ikan Pedang

Hewany
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *