Cara Merawat Burung Kacer

Burung Kacer (Copsychus saularis) memiliki ciri khas bulu berwarna hitam dan putih. Burung Kacer juga memiliki suara yang merdu dan lantang.

Burung kacer memiliki berbagai macam jenis, dan setiap jenisnya memiliki suara kicauan yang berbeda-beda, mulai dari burung kacer jawa, burung kacer blorok, dan burung kacer poci.

Cara merawat burung kacer ini juga terbilang unik atau tidak sama dengan burung lainnya, misalnya burung kenari dan burung lovebird.

Berikut adalah cara merawat burung kacer agar gacor.

1. Pengembunan

Cara Merawat Burung Kacer yang Baik

Biasanya pengembunan dilakukan pada pagi buta, sekitar pukul 03.00-05.00. Cara melakukannya sangat mudah, cukup dengan membuka sedikit kerodong lalu angin-anginkan selama 5 menit. Setelah itu kamu bisa membuka seluruh kerodong dan biarkan burung menjalani proses pengembunan sendiri.

2. Mandi Pagi Hari

Cara Merawat Burung Kacer Mabung

Cara memandikannya cukup mudah, hanya dengan menyemprotkan air ke badannya menggunakan semprotan atau kamu juga bisa menyemprotnya langsung dari luar kandang.

3. Jemur burung Setelah Mandi

Cara Merawat Kacer Biar Ngeplong

Sebelum dijemur burung harus diangin-anginkan terlebih dahulu selama 10 menit, selanjutnya jemur burung di bawah sinar matahari selama kurang lebih 2 jam.

4. Pengumbaran

Pengumbaran Burung Kacer

Pengumbaran bertujuan untuk menstabilkan birahi dan dapat meningkatkan stamina burung agar tetap dalam kondisi prima, lakukan pengumbaran kurang lebih 10 menit.

5. Berikan Pakan Pada Pagi Hari

Berikan Pakan Pada Pagi Hari

Untuk pemberian pakan pada pagi hari, kamu bisa memberikan 3-5 ekor belalang. Sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan pakan pada burung, karena dapat membuat burung malas untuk berkicau.

6. Pancing Dengan Suara Burung Lain

Pancing Dengan Suara Burung Lain

Kamu bisa memancing burung peliharaanmu dengan suara burung kacer lainnya, atau dengan menggunakan audio suara dari hp. Dengan tujuan agar burung kacer mau berlatih untuk berkicau.

Kamu bisa melatihnya dengan waktu kurang lebih 2 jam.

7. Mandi Sore

Mandikan Juga Disore Hari

Selain memandikan burung dipagi hari, kamu juga harus memandikan burung di sore hari, Agar burung merasa segar, bersih, dan sehat.

8. Berikan Pakan Pada Sore Hari

Pemberian Pakan Di Sore Hari

Untuk pemberian pakan di sore hari, kamu bisa menyamakan dengan takaran pakan dipagi hari. Bertujuan agar burung tidak merasa lapar.

Baca: Rekomendasi Makanan Burung Kacer

9. Memberi waktu istirahat untuk burung

Memberi waktu istirahat untuk burung

Setelah adzan maghrib, kamu bisa langsung mengkrudungi kandang burung kacer, agar burung dapat beristirahat.

Sehingga keesokan paginya burung akan memiliki tenaga yang vit untuk berkicau dan kembali beraktivitas.

Leave a Reply