Hewany Make Your Pets Happy

Cara Merawat Anjing

10 min read

cara merawat anjing

Untuk kalian yang memiliki hewan peliharaan di rumah seperti anjing, pastilah kalian harus merawatnya dengan sebaik mungkin. Cara merawat anjing untuk anak anjing, anjing dewasa, serta anjing yang sedang hamil ini memerlukan perlakuan khusus yang berbeda – beda.

Berikut ulasan selengkapnya mengenai cara merawat anjing.

Cara Merawat Anjing untuk Pemula

cara merawat anjing shih tzu

Untuk kalian yang baru pertama kali memelihara anjing, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kalian terapkan sebelum dan sesudah membawa anjing ke area rumah (cara merawat anjing untuk pemula), yaitu:

1. Rumah yang aman

Cara merawat anjing yang pertama adalah memastikan rumah kalian aman untuk anjing.

Sebelum kalian membawa puppies ke rumah, sebaiknya kalian pastikan jika kondisi rumah kalian aman bagi mereka. Singkirkan benda yang berpotensi membahayakan si anjing seperti pembersih, maupun benda tajam.

Apabila kalian hendak membatasi ruang kalian dengan si anjing, maka beli pagar yang biasanya digunakan untuk bayi.

2. Perlengkapan anjing

Yang pertama, kalian harus menentukan, area mana saja yang boleh untuk dimasuki oleh si anjing. Selanjutnya kalian berikan ruang khusus untuk si anjing makan, tidur, serta area yang cukup luas untuk bermain.

  • Sebaiknya letakan tempat makan anjing di area dapur atau yang lain yang dekat dengan tempat pencucian, ataupun yang mudah untuk ditemukan oleh anjing.
  • Jika halaman kalian tidak dilengkapi dengan pagar, maka pastikan kalian memiliki area dalam rumah yang cukup luas untuknya bermain.

3. Memberi makan

Jenis anjing dan juga umur akan menentukan porsi serta kandungan makanannya.

Untuk anak anjing yang berusia di bawah 1 tahun, maka akan memerlukan makan yang sering. Dan untuk anjing di atas umur 1 tahun dapat kalian beri makan 1 sampai dua kali sehari.

  • Beri makanan dengan kualitas yang bagus atau bisa juga membuatnya sendiri.
  • Pastikan apabila terdapat gejala anjing alergi terhadap makanan yang kalian berikan.
  • Jangan berikan makanan yang menyebabkan si anjing alergi.
  • Jangan berikan makanan yang memiliki kandungan gula yang banyak, gorengan atau makanan manusia.
  • Beri makanan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, anjing ini termasuk hewan yang menyukai rutinitas konsisten.

4. Memberi minum

Selain memberikan makanan setiap hari, hal yang tak kalah penting adalah memberi minum air segar untuk si anjing.

Anjing ini akan membutuhkan air minum yang banyak pada saat mereka haus. Serta kalian juga dapat menambahkan es ke dalam minumannya pada saat cuaca sedang panas.

Dan pastikan jika kalian mengganti minumnya setiap hari.

5. Buang air

Selain di dalam rumah, kalian juga harus melatih si anjing untuk buang air di luar rumah. Kalian dapat melatihnya sedini mungkin.

Namun, apabila si anjing telah dewasa, berikut beberapa tips yang dapat kalian lakukan:

  • Membawa anjing keluar rumah setiap hari, temani ketika hendak buang air, serta berikan makanan selepas ia bisa buang air dengan benar.
  • Ketika anjing menunjukan ingin buang air, kalian dapat menunjuk pintu sembari mengatakan keluar. Atau juga dapat mengangkat kaki anjing lalu segera membawanya keluar.
  • Lakukan hal di atas setiap hari sampai si anjing bisa buang air dengan benar. Lalu jangan lupa memberinya imbalan.
  • Hindari memukul anjing di area pantat pada saat kalian marah karena buang air di dalam rumah. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan si anjing stress.

6. Olahraga

Sebagai salah satu cara mengatasi anjing yang susah makan adalah dengan berolahraga. Olahraga ini juga akan membantu si anjing agar tetap sehat.

Ajak jalan – jalan si anjing minimal satu kali sehari, serta sediakan mainan untuk anjing dirumah agar tetap terstimulasi dengan baik.

  • Pastikan anjing mendapatkan olahraga yang dapat membuatnya lelah sedikit.
  • Kalian dapat mengajaknya bermain tarik tambang untuk melatih bersosialisasi.
  • Memberi pelukan untuk menciptakan ikatan antara kalian dengan si anjing.

7. Bermain

Pada umumnya, anjing ini mempunyai sifat yang sangat baik serta dapat bermain dengan anak kecil. Tetapi juga ada beberapa anjing yang suka menggigit atau bahkan mencakar pada saat bermain, sehingga kalian harus melatihnya.

Latihlah si anjing agar tidak suka menggigit. Berikan imbalan ketika ia dapat bermain dengan aman, serta abaikan apabila ia mulai menggigit. Nantinya, si anjing akan belajar apabila berperilaku baik merupakan hal yang menyenangkan.

8. Menggonggong

Banyak pemilik anjing yang bermasalah dengan si anjing yang suka menggonggong, karena hal tersebut sangat mengganggu, sehingga harus segera dihentikan.

  • Hindari berteriak di saat anjing tengah menggonggong, karena si anjing akan akan berpikir apabila kalian juga tengah menggonggong bersamanya.
  • Singkirkan benda ataupun barang lain yang menyebabkan si anjing sering menggonggong serta tutup tirai apabila anjing melihat sesuatu yang berada di luar.
  • Memberikan imbalan setiap kali anjing dapat berhenti menggonggong.

9. Trik & Perintah

Beberapa perintah dasar sangat bermanfaat supaya anjing dapat mengetahui keamanan sehingga tidak akan hilang maupun pergi terlalu jauh ketika rantainya terlepas.

Ucapkan perintah dengan metode yang fun atau menyenangkan.

Beberapa perintah yang dapat kalian ajarkan padanya yaitu:

  • Duduk
  • Diam
  • Berbaring
  • Datang menghampiri kalian
  • Berguling.

10. Perawatan Bulu

Pada umumnya, anjing ini harus kalian sisir sekitar 1 kali dalam seminggu hal tersebut untuk membantunya berganti bulu.

Anjing yang memiliki bulu panjang juga harus kalian rajin dipotong, karena terdapat beberapa jenis anjing yang merasa lebih nyaman pada saat bulunya dipotong ketika musim panas.

Selain itu, memotong bulu ini juga bisa membasmi kutu sekaligus cara untuk mengatasi anjing yang depresi.

  • Periksa kutu maupun caplak pada saat kalian tengah menyisir bulu anjing.
  • Gunakan sisir yang khusus untuk kutu anjing, apabila memang kalian menjumpai adanya kutu maupun caplak.
  • Menyisir bulu anjing secara rutin agar kalian juga dapat memonitor kesehatannya jika mendapati benjolan atau luka yang memerlukan penanganan dokter hewan.

11. Vaksinasi

Anjing sangat memerlukan vaksin agar ia tidak terserang rabies maupun infeksi yang disebabkan oleh virus dan juga bakteri yang lain.

Pastikan kalian membawa si anjing ke dokter hewan untuk mendapatkan vaksin terbaik. Berikut ini adalah beberapa ketentuan untuk vaksin anjing:

UmurKeterangan
Umur 6 minggungParvo
Umur 9 mingguParvo, distemper, hepapitis, parainfluenza, leptospira.
Umur 12 mingguParvo, distemper, parainfluenza, hepapitis, rabies, leptospira.
Umur 1 tahunParvo, distemper, parainfluenza, hepatitis, leptospira, rabies, bordetella.

12. Memandikan

Tidak seperti manusia, anjing ini hanya memerlukan mandi satu kali selama dua minggu atau hanya pada saat si anjing bau, terkena kotoran atau kondisi yang lain.

Pastikan juga ketika kalian memandikannya dengan menggunakan shampoo bebas bahan kimia yang dapat mengiritasi kulit anjing serta lebih baik kalian pakai shampo khusus anjing untuk menerapkan grooming anjing secara mandiri.

  • Membuat kegiatan mandi senyaman mungkin dengan menggunakan air hangat.
  • Anjing sangat senang berlari ketika habis mandi sehingga kalian tentukan waktu terbaik untuk mandi supaya si anjing kalian dapat berlari dengan bebas.

13. Makanan berbahaya

Tidak seluruh jenis makanan dapat dikonsumsi oleh anjing, karena terdapat beberapa jenis makanan yang dapat bersifat racun pada saat dikonsumsi oleh anjing, maka dari itu harus dihindari.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang berbahaya untuk anjing, yaitu:

MakananEfek
CoklatDalam coklat memiliki kandungan sejenis kafein yang dapat membuat detak jantung anjing berdetak semakin cepat, sakit perut, tremor otot, agitasi kronis, suhu tubuh meningkat, kejang hingga kematian.
AnggurAnggur sebaiknya tidak diberikan untuk anjing sebab dapat merusak ginjal anjing.
BawangMemiliki kandungan senyawa berbahaya yang dapat merusak sel darah merah sehingga akan memerlukan transfusi darah.
Bagian tengah apelDapat menyebabkan si anjing pusing, pingsan, susah bernafas, shock, hiperventilasi, dan koma.

14. Memasang microchip

Microchip adalah suatu benda kecil yang nantinya akan dimasukkan oleh dokter hewan di bagian bawah kulit anjing yang berfungsi untuk menyimpan data serta informasi mengenai kepemilikan anjing. Diantaranya seperti nomor telepon serta alamat.

Hal tersebut penting untuk dilakukan sebagai salah satu pencegahan apabila si anjing nantinya hilang, sehingga akan lebih mudah untuk ditemukkan.

Dalam proses penanaman microchip ini, si anjing juga tidak akan merasakan sakit yang menyebabkan luka di tubuh anjing, sehingga aman untuk dilakukan.

15. Steril anjing

Pertimbangkan juga untuk melakukan sterilisasi atau kebiri pada anjing kalian.

Hal tersebut dilakukan pada saat si anjing telah berusia 6 bulan sebagai cara untuk mengatasi anjing jantan memasuki masa birahi.

Bawa juga anjing kalian ke dokter hewan untuk memastikan apakah si anjing peliharaan kalian memerlukan kebiri/ disterilkan.

Cara Merawat Anak Anjing

cara merawat anak anjing

Berikut ini adalah beberapa peraturan dasar yang dapat kalian terapkan ketika memelihara anak anjing, antara lain cara merawat anak anjing:

1. Mulai melatihnya

Anjing ini tidak lahir dalam kondisi yang sudah terlatih. Maka, ia akan membutuhkan kalian untuk melatihnya.

Apa yang boleh si anjing lakukan serta apa yang tidak boleh untuk dilakukan harus kalian ajarkan padanya ketika di usia sedini mungkin.

Gabungkan latihan dasar ini dengan menggunakan trik permainan supaya si anjing tidak merasa bosan serta dapat dengan mudah untuk menjalin hubungan dengan kalian.

Dengan latihan dasar ini, anakan anjing dapat mengetahui apa yang akan diharapkan oleh kalian.

2. Perhatikan nutrisinya

Makanan yang diberikan kepada si anjing harus memiliki nutrisi yang lengkap serta seimbang untuk membantu pertumbuhannya agar sempurna.

Anakan anjing pada umumnya akan membutuhkan asupan lemak, protein,  vitamin, serta mineral dalam jumlah yang benar dan lebih banyak.

Sebaiknya kalian juga memberikan makanan yang berupa konsentrat, hal tersebut supaya si anjing dapat menerima seluruh gizinya yang dibutuhkan tanpa harus memberatkan sistem pencernaannya.

Dan tak lupa untuk selalu menyediakan air minum yang bersih dan diganti setiap hari.

3. Grooming

Mulai melakukan aktivitas grooming ke anak anjing kalian mulai dari usia dini supaya si anjing dapat terbiasa dengan aktivitas ini.

Anjing yang sudah terbiasa akan tenang pada saat grooming yang tentunya akan memudahkan pekerjaan kalian.

4. Perawatan gigi

Pada kenyataannya, gigi yang tidak terawat pada anjing ini bisa menimbulkan beragam penyakit di kemudian hari.

Maka dari itu, kalian harus rajin membersihkannya. Plak serta tartar akan dijumpai di anjing kalian yang sudah berumur lebih dari 2 tahun yang tidak akan menjalankan perawatan gigi lagi.

Penumpukan plak serta tartar di gigi akan merusak enzim di dalam mulut sehingga akan menimbulkan masalah terhadap kesehatan si anjing.

5. Olahraga

Bagian dari kegiatan normal anakan anjing yaitu menerapkan pola olahraga yang teratur.

Kebutuhan akan olahraga satu ini tak hanya tergantung berdasarkan ukuran tubuh anjing saja, namun kalian juga harus melihat jenis trahnya.

Jangan kalian beri olahraga yang berat untuk anakan anjing sebab tulangnya belum tumbuh secara sempurna. Kalian dapat memadukan kegiatan olahraga dengan bermain.

6. Cek kesehatan teratur

Idealnya, kalian sudah mempunyai calon dokter hewan yang nantinya akan menjadi langganan kalian sebelum kalian memelihara anakan anjing.

Begitu nantinya anakan anjing sudah sampai dirumah, kalian dapat membawanya ke dokter hewan keesokan harinya hal tersebut bertujuan untuk mengecek kesehatannya dengan menyeluruh.

Minta dokter hewan untuk membuat jadwal vaksin si anjing.

Ciptakan suasana yang menyenangkan pada saat hendak bertemu dokter, agar si anjing tidak merasa ketakutan.

7. Cek kesehatan dirumah.

Kalian juga dapat memberikan jadwal secara berkala untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di dalam rumah. Kalian dapat melakukan cek kesehatan sederhana seperti: cek berat badan, kulit serta bulu, mata & telinga, gusi & gigi.

Apabila kalian menjumpai adanya sesuatu yang mencurigakan sebaiknya kalian langsung menghubungi dokter hewan kalian.

8. Bersosialisasi

Apabila dirumah kalian sudah mempunyai anjing jenis yang lain sebaiknya kalian ajak anak anjing tersebut untuk berkenalan bersama mereka.

Anjing yang telah tinggal lebih lama biasanya akan merasa dirinya merupakan penguasa rumah tersebut. Sementara anakan anjing biasanya akan lebih menyepelekan hal tersebut sehingga bisa membahayakannya.

Sebaiknya kalian juga melakukan pengawasan intens selama beberapa hari supaya proses sosialisasi ini berjalan dengan baik.

Begitu anakan anjing kalian sudah akrab dengan yang lain, maka dia akan menjaga sikapnya dihadapan yang lain.

9. Memberi pujian

Jadikan anakan anjing kalian ini juga sebagai anggota keluarga kalian.

Apabila si anjing melakukan hal yang benar serta menyenangkan, kalian dapat memberinya pujian. Sementara apabila ia melakukan kesalahan, kalian dapat langsung menegurnya supaya ia bisa membedakan mana yang bisa kalian senang serta mana yang bisa membuat kalian marah.

Pada dasarnya anjing ini hanya akan melakukan hal yang dirasa dapat menyenangkan majikannya.

10. Bersabar & menikmati

Membesarkan anakan anjing ini memang membutuhkan kesabaran yang ekstra.

Kalian dapat menerapkan beberapa tips di atas atau bisa langsung berkonsultasi dengan dokter hewan kalian.

Adakalanya, si anakan anjing ini akan berbuat hal yang membuat kalian jengkel, namun pada waktu tertentu terdapat perasaan puas serta haru ketika melihatnya tumbuh dengan baik serta ceria.

Baca juga: Anjing Penjaga

Cara Merawat Anjing Dewasa

cara merawat mini pom

Anjing dewasa ini biasanya akan lebih mudah stress, maka dari itu kalian perlu mengetahui beberapa tips untuk merawat anjing agar tidak stress, antara lain:

1. Menciptakan lingkungan yang nyaman

Cara merawat anjing yang pertama adalah memastikan rumah kalian nyaman untuk anjing.

Menciptakan lingkungan yang nyaman dapat berupa dengan membersihkan kandangnya secara rutin, mengganti minuman setiap hari, mengganti mangkuk makanan, serta menciptakan suasana yang tenang.

Pada umumnya, anjing tidak menyukai suara bising, sehingga hal tersebut dapat membuatnya stress. Selain itu, bau lingkungan yang tidak sedap juga dapat membuatnya stress.

Maka dari itu, jangan membiarkan kotorannya menumpuk. Selain akan mengganggu anjing, hal tersebut juga sangat tidak bagus untuk kesehatan anjing dan juga kalian.

2. Interaksi bermain

Penyebab utama si anjing yang berada di dalam rumah merasa stres yaitu sebab ia kesepian atau terlalu lama ditinggal sendirian.

Jika anjing kalian ditinggalkan lama sendiri, maka ia akan cepat merasa bosan serta tidak mempunyai aktivitas yang tepat untuk mengusir kebosanan. Sehingga pada akhirnya si anjing akan merasa tertekan.

Solusinya, kalian dapat menciptakan interaksi intens bersama anjing kalian. Selain itu, kalian juga dapat mengajaknya bermain di area rumah seperti bermain bola atau kejar – kejaran.

Atau ketika kalian sendang menonton TV, kalian dapat duduk di lantai supaya setara dengan anjing kalian. Sesekali ajaklah anjing ke luar rumah untuk mengajaknya merasakan suasana yang baru.

3. Rutin memberi makan

Anjing yang stres juga dapat dipicu sebab si pemilik lupa untuk memberinya makan. Anjing lapar sangat rentan untuk terkena stres.

Terlebih lagi jika kalian membiarkannya terlalu lama tidak dikasih makan. Jangan heran apabiila mereka akan stres serta naluri hewannya akan muncul.

Oleh sebab itu, kalian harus memberinya makanan dengan jadwal yang sudah ditentukan. Selain waktu makan, yang perlu kalian perhatikan adalah kandungan nutrisi yang harus dipenuhi.

4. Hadian & pijatan

Anjing stres juga dapat dikarenakan si anjing menempuh perjalanan yang jauh. Maka dari itu, kalian perlu memberikan sedikit pijatan kecil agar si anjing merasa lebih rileks.

Cara satu ini juga dapat mengendurkan otot-otot di anjing yang sudah menegang selama melakukan perjalanan jauh tersebut.

Selain itu, kalian juga dapat memberikan hadiah untuknya pada saat ia berperilaku baik. Hal tersebut akan merangsang si anjing agar selalu bersikap baik.

Semakin kalian membawa suasana yang menyenangkan, maka akan semakin besar juga si anjing terhindar dari stress.

5. Jauhkan sumber stress

Apabila si anjing kalian rumah sudah terlanjur stres, maka ada baiknya jika kalian mencari tahu apa yang menjadi sumber stressnya.

Sebagai contoh: suara bising, suasana yang kurang nyaman, atau kesepian. Jika sumber stres berasal dari hal itu, maka sebaiknya kalian perlu menjauhkannya untuk sementara waktu sampai rasa stres anjing mereda.

Pada umumnya, anjing yang sedang stres ini sebab adanya kehadiran hewan lain di sekitar rumah. Apabila penyebabnya merupakan hal tersebut, maka sebaiknya kalian pisahkan keduanya serta jangan membuat kandang yang berdekatan.

Biarkan si anjing ini untuk beradaptasi dengan adanya kehadiran hewan lain.

Cara Merawat Anjing Hamil

cara merawat anjing hamil

Berikut ini adalah beberapa tips cara merawat anjing yang sedang hamil, antara lain:

1. Makanan berkualitas

Cara merawat anjing yang pertama adalah memastikan makanan yang berkualitas untuk anjing.

Gizi merupakan salah satu hal paling penting untuk seluruh makhluk hidup, termasuk di dalamnya adalah anjing yang sedang hamil.

Karena anjing yang sedang hamil tidak hanya bertanggung jawab atas makanan yang dikonsumsi namun juga harus memenuhi gizi yang baik untuk calon anak anjing nantinya.

Oleh karena itu, anjing ini harus memperoleh gizi yang lebih banyak serta sehat dari makanan yang berkualitas.

2. Nafsu Makan

Anjing yang sedang hamil pada umumnya akan mengalami penurunan nafsu makan di awal usia kehamilan, dan hal tersebut adalah hal yang wajar.

Pada umumnya, hal tersebut akan dialami pada saat usia kehamilan anjing sudah mencapai 6 minggu. Tetapii setelah 1 bulanan, nafsu anjing hamil ini akan berubah pesat, di waktu inilah kalian dapat memberiknya makan dan minuman yang bernutrisi untuk menjaga kesehatan dari calon anak anjing.

Beberapa makanan yang dianjurkan untuk anjing hamil harus mengandung beberapa zat seperti: Protein, lemak, zat besi, kalsium, vitamin serta mineral.

Pada waktu sekitar 4 minggu sebelum hari kelahiran anak anjing, kalian dapat menambahkan takaran makanannya menjadi 30% lebih banyak. Atau menambah porsi 1 kali makanan per harinya.

3. Suplemen

Pemberian suplemen untuk aning hami memang penting yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh induk serta anak anjing supaya tidak mudah terserang penyakit ataupun virus.

Kalian dapat memberikan vitamin serta makanan yang banyak mengandung mineral dengan jumlah yang cukup.

Pastikan makanan yang kalian berikan juga dalam kondisi yang segar. Pilihlah makanan anjing dengan kualitas tinggi di masa-masa kehamilannya.

Kalian dapat menyingkirkan dulu makanan anjing murahan berbahan kimia karena dapat menyebabkan anjing terlahir tidak sehat maupun cacat sebab pengaruh dari makanan kimia yang berdosis tinggi.

4. Olahraga ringan

Supaya si anjing hamil tidak terkena stres, maka kalian dapat mengajaknya jalan jalan di sekitar rumah setiap hari di waktu pagi.

Kalian tidak perlu untuk mengajaknya berlari, cukup untuk melakukan jalan ringan saja, hal tersebut juga sudah cukup untuk memberinya kesegaran di dalam tubuhnya serta mencegah ototnya kaku.

Dimana hal tersebut juga akan bermanfaat untuk membantu memudahkan waktu persalinan.

Pastikan juga kalian tidak mengajak si anjing bermain ataupun berlari-lari ketika usia kehamilannya menjelang 5 minggu.

5. Waktu Istirahat

Jangan membiarkan anjing hamil terlalu banyak beraktivitas maupun bermain, terutama ketika usia kandungannya memasuki minggu ke 6.

Biarkan si anjing untuk lebih banyak istirahat agar menghemat energinya. Tidak apa sekali waktu untuk mengajaknya bermain supaya ia tidak merasa bosan, tetapi tetap pertimbangkan keadaannya waktu itu serta mempertimbangan kebutuhan istirahatnya.

6. Kebersihan tubuh & lingkungan

Sewaktu masa kehamilan, kebersihan tubuh serta lingkungan anjing adalah hal penting yang harus kalian perhatikan.

Kalian juga harus tetap memandikan si anjing yang hamil setiap 2 minggu sekali atau bahkan sebulan sekali dengan memakai air hangat suam suam kuku.

Serta tak lupa juga menyisir bulu dan rambutnya setiap hari supaya bebas kusut dan kuman.

7. Konsultasikan ke Dokter Hewan

Tak hanya memperhatikan porsi makannya saja, kalian juga harus berkonsultasi ke dokter untuk melihat perkembangan serta kesehatan dari induk serta calon anak anjingnya.

Pastikan apabila induk anjing hamil serta si jabang bayi dalam keadaan yang sehat. Beberapa dokter juga kemungkinan akan memberikan suplemen khusus anjing jika si anjing dalam keadaan kurang gizi. Atau hanya untuk berjaga mencegah induk anjing sakit pada waktu hamil.

8. Persiapan melahirkan

Cara merawat anjing hamil selanjutnya adalah menyiapkan persiapan melahirkan.

Di masa – masa akhir kehamilannya yaitu ketika menjelang persalinan, kalian perlu menyiapkan kotak khusus untuk anjing bersalin.

Pada umumnya, kalian dapat menggunakan bahan sederhana layaknya dus besar bekas serta kalian berikan alas yang nyaman.

Selepas anak anjing sudah lahir, barulah kalian pindahkan si anak anjing ke tempat lain yang jauh lebih nyaman, bersih, serta lebih luas untuk induk dan juga anak anjing.

Tanya Jawab

Cara merawat anjing yang baik?

Cara merawat anjing untuk anak anjing, anjing dewasa, serta anjing yang sedang hamil membutuhkan perlakuan khusus yang berbeda – beda. Perawatan anjing ini juga ditentukan berdasarkan ukuran dan trahnya.

Sehingga, kalian harus mengetahui poin pentingnya. Semua telah terangkum di dalam artikel ini.

Cara merawat anjing hamil?

Merawat anjing hamil harus sedikit lebih ekstra, kalian harus memperhatikan kebersihan, asupan nutrisi, serta durasi olahraga dan istirahatnya.

Hewany Make Your Pets Happy

Makanan Anjing

Hewany
8 min read

Cara Melatih Anjing

Hewany
7 min read

Scabies Pada Anjing

Hewany
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *