Anjing Penjaga

Share
Comment 4 reply
Anjing Penjaga

Mengadopsi anjing ternyata juga dapat menjadi opsi yang tepat untuk menjaga keamanan rumah. Tak hanya dijadikan sebagai anjing penjaga, namun anjing ini juga dapat kalian jadikan teman yang baik untuk keluarga.

Pada saat mendengar kata anjing penjaga atau guard dogs, pasti kita akan membayangkan anjing dengan perawakan yang besar dan garang.

Namun kenyataannya, hal tersebut hanyalah sebuah persepsi yang buruk dari munculnya rasa takut dalam diri kita sendiri.

Anjing yang menjadi penjaga rumah pada umumnya merupakan anjing yang sudah terlatih. Bahkan mereka memiliki jiwa yang penuh kasih, sehingga sangat bersahabat dengan keluarga.

Berikut ini adalah beberapa anjing penjaga yang kerap dipelihara, antara lain:

1. Doberman Pinscher

anjing penjaga rumah

Anjing yang satu ini disebut sebut mirip dengan anjing jenis Rottweiler. Anjing satu ini dikenal sebagai anjing yang sangat agresif.

Tetapi pada kenyataannya, anjing satu ini memiliki sikap yang amat patuh kepada majikannya, penuh kasih sayang, bahkan pada beberapa momen, anjing satu ini bersikap sangat konyol yang mengundang gelak tawa.

Anjing yang satu ini tak akan menyerang orang tanpa alasan, karena anjing ini sangat pintar dalam mengontrol emosinya.

Ia hanya akan berubah menjadi agresif pada saat anjing ini merasa jika pemiliknya sedang terancam. Untuk perawatannya pun sangat sederhana.

Kalian tak perlu melatihnya terus menerus, sebab anjing ini memiliki sifat alami sebagai pelindung. Tapi, kalian perlu melatihnya secara rutin untuk meningkatkan sifat alaminya tersebut.

2. Rottweiler

jenis anjing penjaga

Anjing Rottweiler merupakan anjing yang berasal dari negara Jerman, dan biasanya digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan yang berat.

Pekerjaan tersebut diantaranya seperti menggiring ternak, menarik gerobak, menjaga rumah, hingga bekerjasama dengan pihak kepolisian dan militer untuk melakukan beberapa tugas fisik yang sanggup diterima oleh anjing yang satu ini.

Jenis anjing yang satu ini tergolong ke dalam anjing yang membutuhkan banyak gerak serta stimulasi mental yang cukup. Dan Anjing Rottweiler tidak boleh dibiarkan untuk bermalas – malasan.

Anjing satu ini dikenal tidak mempunyai rasa takut pada apapun ketika ia sedang melindungi keluarga dan pemiliknya.

3. Great Dane

anjing penjaga terbaik

Anjing yang satu ini memiliki badang yang besar. Bahkan ketika ia berdiri, akan terlihat sangat tinggi. Selain itu, anjing ini juga memiliki mimik muka yang nampak sangar.

Namun, meski memiliki ukuran raksasa, anjing satu ini terkenal akan kelembutannya. Tetapi, sikap lembut tersebut hanya berlaku terhadap keluarganya saja.

Apabila ia melihat orang asing, bahkan teman pemiliknya, anjing ini akan menganggap orang tersebut sebagai ancaman baginya.

Oleh karena itu, akan sangat tidak mungkin para penjahat berani untuk melawan anjing ini.

4. Boxer

anjing penjaga rumah terbaik

Tampilan dari anjing ini memang terlihat sangat kuat. Selain itu, anjing satu ini juga memiliki sifat yang sangat protektif serta dapat diandalkan untuk menjadi penjaga rumah yang baik.

Boxer ini juga dikenal sebagai anjing yang cerdas, loyak, selalu waspada, dan mudah untuk dilatih.

Bahkan meski memiliki muka yang garang, anjing ini sangat ramah kepada anak – anak. Sehingga pas untuk dijadikan sebagai teman keluarga.

5. American Pitbull

jenis anjing penjaga rumah

Jenis yang pertama adalah American Pitbull Terrier. Anjing satu ini memiliki bentuk tubuh yang proporsional serta nampak kekar.

Berat tubuhnya dapat mencapai mencapai 16 sampai 25 kilogram. Tak hanya itu saja, jenis satu ini juga memiliki bulu yang lebih pendek tetapi sangat halus.

Anjing jenis ini sering dijadikan sebagai anjing petarung karena memiliki sifat yang pantang menyerah serta tak kenal takut.

Meski memiliki sifat yang agresif, anjing ini juga masih dapat dilatih, namun harus dengan kesabaran yang ekstra. Apabila anjing ini sudah nurut dengan pemiliknya, akan dipastikan anjing pitbull dapat menjadi teman yang luar biasa untuk kalian.

6. American Bulldog

jenis jenis anjing penjaga

American Bulldog juga masuk ke dalam jenis anjing pitbull yang memiliki badan berotot serta kokoh yang menjadi karakteristik khasnya.

Namun, anjing satu ini juga terkenal akan kelembutan dan keramahannya. Meski anjing ini pada suatu waktu dapat berubah menjadi keras kepala, sebab ia mempunyai rasa percaya diri yang sangat tinggi.

Sebetulnya, anjing satu ini bukan dikenal untuk dijadikan sebagai anjing penjaga, justru anjing ini masuk ke dalam kategori anjing pekerja.

Anjing ini biasanya digunakan untuk bekerja di area peternakan. Dimana memiliki tugas untuk menangkap babi hutan, menjaga ternak serta properti majikannya.

Sehingga secara tidak langsung, anjing ini juga memiliki peran sebagai anjing penjaga.

7. Bull Terrier

anjing penjaga neraka

Anjing satu ini memiliki bentuk kepala yang menyerupai telur serta dikenal sebagai anjing dengan tenaga yang sangat kuat.

Badannya juga tersusun dari otot tanpa lemak. Sebetulnya, anjing ini memiliki sifat yang tidak begitu agresif, namun ia tak segan akan berubah menjadi agresif pada waktu melihat hewan lain yang ukurannya lebih kecil.

8. Cane Corso

jual anjing penjaga

Cane corsi merupakan anjing yang memiliki mimik muka yang sangat garang. Anjing satu ini asalnya dari negara Italia dan yang mana dalam sejarahnya ia sering dijadikan sebagai anjing penjaga.

Bahkan, anjing satu ini juga terkenal untuk dijadikan sebagai anjing pembantu dalam perang serta anjing pemburu.

Anjing ini memiliki ukuran badang yang sangat besar dan kokoh serta memiliki gonggongan yang sangat kuat dan lantang.

Porsi latihan yang diperlukan untuk anjing satu ini adalah kepatuhan serta keterampilan.

9. Komondor

harga anjing penjaga

Anjing Komondor memiliki ciri khas berupa bulunya yang terlihat seperti rambut gimbal. Meskipun mempunyai penampilannya yang demikian, anjing ini memiliki pembawaan yang sangat kalem serta santai.

Namun, anjing yang berasal dari negara Hungaria ini juga memiliki jiwa yang sangat pemberani, kuat serta berukuran besar.

Secara alamiah, anjing ini juga sangat menyayangi keluarganya serta bersikap sangat protektif.

Anjing ini akan selalu mengambil posisi siaga apabila ia melihat ada orang lain yang mendekat dengan keluarganya atau majikannya.

Oleh sebab itu, anjing satu ini sangat memerlukan latihan supaya si anjing tidak bertindak gegabah.

10. Belgian Malinois

harga anjing penjaga rumah

Anjing penjaga satu ini dikenal akan anjing yang sangat dominan serta protektif.

Tak hanya itu saja, anjing satu ini juga memiliki sikap yang setia dan loyal. Anjing ini tidak segan untuk memulai pertarungan kepada anjing lainnya, apabila ia merasa daerahnya tengah terancam.

Dari penjelasan di atas, dapat dikatakan jika anjing ini merupakan anjing yang agresif. Latihan kepatuhan akan sangat dibutuhkan sebab anjing ini sangat mudah sekali untuk terpancing secara emosi.

11. Rhodesian Ridgeback

gambar anjing penjaga

Apabila dilihat dari sejarahnya, maka anjing jenis ini masuk ke dalam kategori anjing pemburu. Sebab, apabila dilihat dari postur tubuhnya, anjing satu ini memang nampak sangat pandai pada saat berlari.

Tak hanya itu saja, anjing satu ini juga memiliki sifat yang sangat setia serta protektif. Oleh sebab itu, anjign ini masuk dalam anjing penjaga terbaik yang ada di dunia.

Supaya dapat dijadikan sebagai anjing pelindung yang baik, maka anjing satu ini juga sangat membutuhkan latihan, khususnya untuk latihan kepatuhan.

Tetapi, sangat tidak disarankan dalam melatihnya untuk dijadikan sebagai anjing penjaga khusus, sebab secara naluri, anjing ini sudah sangat protektif.

Sebab, apabila anjing dilatih dengan porsi latihan supaya dapat menjadi anjing penjaga yang khusus, maka anjing akan sangat protektif serta sudah tidak tepat untuk dijadikan sebagai anjing keluarga.

Karena, anjing ini tidak akan segan membahayakan siapapun yang dianggapnya orang asing serta baru ia lihat pada saat berada dekat dengan majikannya.

12. Akita

Akita

Anjing Akita dikenal akan anjing yang memiliki sifat sangat loyal. Dimana ia akan sangat setia terhadap pemiliknya.

Oleh sebab itu, anjing yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai anjing penjaga sebab ia mempunyai sifat yang sangat protektif.

Selain itu, anjing ini juga akan sangat waspada kepada orang asing serta dapat dikategorikan akan sangat tidak bersahabat.

13. Giant Schhnauzer

Giant Schhnauzer

Sesuai dengan namanya, anjing satu ini memang mempunyai ukuran yang sangat besar, bahkan ukurannya hampir sebesar kuda poni yang bisa ditunggangi oleh anak kecil.

Tubuhnya yang besar ini yang menjadikan anjing ini sangatlah kuat. Bahkan, anjing ini juga tergolong ke dalam anjing yang mudah untuk dilatih.

Anjing ini membutuhkan pelatihan yang fokus pada latihan kepatuhan, sebab anjing ini dapat berubah ganas pada waktu sedang marah. Serta sang pemilik tak jarang tidak dapat bisa mencegah kekuatannya.

Selain itu, anjing ini juga terkenal setia serta akan melindungi pemiliknya dengan berbagai macam cara. Oleh sebab itu, anjing ini juga tergolong ke dalam jajaran anjing penjaga terbaik di dunia.

14. Bullmastiff

Bullmastiff

Anjing Bullmastiff juga terkenal sebagai anjing yang tidak mempunyai rasa takut, berani, loyal serta penuh kasih sayang.

Selain itu, ia juga mempunyai bentuk perawakan tubuh yang besar. Anjing jenis ini bukan berasal dari ras murni, tetapi merupakan hasil dari kawin silang antara Bulldog dengan Masitff.

15. Chow Chow

Chow Chow

Anjing yang satu ini memiliki karakteristik berupa bulunya yang terlihat mengembang serta sangat menggemaskan.

Sehingga tak jarang membuat siapa saja yang melihatnya mengira jika anjing satu ini merupakan aning yang lmbut dan ramah. Namun, fakta tidak berkata demikian.

Anjing satu ini ternyata dikenal menjadi anjing penjaga yang juga menjadi salah satu anjing penjaga tertua dari Dinasi Han, sekitar pada tahun 206 SM atau lebih jauh lagi.

Anjing ini berasal dari negara Cina serta Mongolia.

16. Tibetan Mastiff

Tibetan Mastiff

Anjing Tibetan Mastiff memiliki tubuh yang sangat besar yang menjadi anjing penjaga dengan pembawaan yang kalem, namun apabila ia sudah marah, maka sifat agersif nya akan muncul.

Dengan ukurannya yang besar, anjing ini sangat mudah untuk mengintimidasi lawannya.

Dalam catatan sejarah, anjing satu ini memang sudah dijadikan menjadi anjing penjaga di daerah Tibet. Darah anjing penjaga ini memang sudah sangat melekat dalam jiwa anjing ras satu ini.

Sama halnya dengan anjing penjaga yang lain, anjing satu ini juga berjiwa teritori, yang mana ia akan bener bener menjaga kawasannya.

Apabila terdapat manusia atau hewan lain yang dianggap telah mengganggu kawasannya, maka anjing ini tak akan segan untuk langsung menyerang.

Meski garang, anjing satu ini sangat mencintai keluarga dan pemiliknya. Serta dikenal sebagai anjing yang setia dan juga protektif.

17. Kuvasz

Kuvasz

Sejak pada 2.000 tahun yang lalu, anjing satu ini juga sudah dikenal sebagai anjing penjaga yang berasal dari salah satu ras anjing tertua di dunia.

Anjing satu ini mempunyai ciri khas berupa bulunya yang terlihat sangat indah serta dikenal ramah kepada anak kecil.

Anjing yang satu ini juga akan mewaspadai orang asing yang posisinya berdekatan dengan keluarganya, bahkan anjing ini juga tidak akan segan untuk langsung menyerang ketika ia menganggap objeknya sebagai suatu ancaman. Tetapi, hal ini bisa dicegah dengan cara melatihnya.

Selain menjadi anjing penjaga, anjing ini juga dapat dijadikan sebagai sahabat untuk keluarga. Dengan syarat, anjing ini selalu diberi kasih sayang serta tidak menunjukan agresi.

18. Beauceron

Beauceron

Anjing satu ini tak hanya memiliki kekuatan yang besar, namun juga sangat cerdas, penuh semangat, serta pemberani.

Memiliki ekspresi muka yang sangat sangar, sehingga mampu mengelabui orang awam yang berniat untuk melakukan tindak kejahatan.

Meski demikian, anjing satu ini pada kenyataannya merupakan anjing yang sangat sensitif. Mereka mempunyai rasa kasih sayang yang tinggi dan loyal kepada pemiliknya. Selain itu, anjing ini juga amat protektif .

Saking protektifnya, mereka dapat berperan menjadi dominan yang bisa membuat kalian akan merasa sedikit kewalahan.

Oleh sebab itu, anjing satu ini sangat tidak disarankan untuk kalian yang baru pertama kali ini memelihara anjing.

19. German Shepherd Dog

German Shepherd Dog

Anjing penjaga selanjutnya yaitu anjing serba bisa dengan jenis German Shepherd Dog.

Anjing satu ini memiliki karakteristik seperti: Besar, lincah, pintar, serta protektif. Sehingga tak heran jika ia sering kalian dijadikan pilihan bagi banyak orang untuk dijadikan sebagai anjing penjaga rumah yang handal.

Tak hanya itu saja, anjing satu ini juga pas untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan atau sahabat sebab mempunyai sifat yang sangat luwes.

Untuk yang menyukai anjing manja sampai anjing yang mudah untuk diajak main serta berpetualang, anjing German shepherd dapat kalian jadikan pilihan yang tepat.

20. Staffordshire Bull Terrier

Staffordshire Bull Terrier

Jangan mudah terkecoh dengan badannya yang nampak lebih kecil daripada anjing penjaga rumah jenis lainnya sebab anjing satu ini juga terbukti menjadi pelari cepat yang memiliki gigitan mematikan.

Anjing ini juga termasuk ke dalam jenis anjing yang sangat kuat serta pemberani.

Tak hanya bisa dijadikan sebagai anjing penjaga yang baik, namun anjing satu ini juga dapat kalian jadikan sebagai sahabat bersantai dan bermain bersama keluarga karena memiliki sifat yang manja.

21. Caucasian Shepherd Dog

Caucasian Shepherd Dog

Anjing yang satu ini memiliki karakteristik pemberani dan gagah namun sangat ramah.

Anjing yang memiliki bulu tebal ini juga dikenal dengan sebutan cuddle-buddy sebab naluri mereka yang sangat manja serta sangat sayang kepada pemiliknya.

Namun meski demikian, anjing yang kerap dijadikan anjing gembala ini tidak dapat kita anggap enteng begitu saja.

Dikutip dari American Kennel ClubCaucasian Shepherd Dog ternyata merupakan salah satu jenis anjing yang bisa berubah menjadi anjing ganas pada saat ia tengah menghadapi sebuah ancaman.

Maka hal tersebut akan sangat pas untuk dijadikan sebagai anjing penjaga rumah kalian dari para pencuri.

21. Tornjak

Tornjak

Anjing Tornjak mempunyai naluri yang stabil, pintar, ramah, lincah, serta memiliki tingkat percaya diri yang tinggi.

Anjing satu ini juga amat sangat setia pada pemiliknya, sehingga tidak akan ada orang yang dapat menyuap mereka sebab ia sangat mudah untuk mencurigai orang asing.

Menurut sebuah penelitian, kemungkinan anjing ini yaitu keturunan dari anjing Tibetan mastiff yang berada di kawasan Iran modern.

Kawasan itulah yang dapat dikatakan mampu menciptakan jenis anjing penjaga yang sehat, kuat, serta mudah untuk beradaptasi terhadap cuaca yang ekstrem.

Pertanyaan yang sering Ditanyakan

Jenis anjing penjaga?

Berikut ini adalah beberapa jenis anjing penjaga yang dapat kalian pelihara, antara lain:
1. Doberman Pinscher
2. Rottweiler
3. Great Dane
4. Boxer
5. American Pitbull
6. American Bulldog
7. Bull Terrier
8. Cane Corso
9. Komondor
10. Belgian Malinois
Selengkapnya simak ulasan di dalam artikel ini.

Harga anjing penjaga?

Untuk harga anjing penjaga tergantung dari jenis anjing itu sendiri.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.