Anjing Pemburu

Share
Comment 0 reply
Anjing Pemburu

Selain dapat dijadikan sebagai hewan penjaga, anjing ini juga ada yang dimanfaatkan untuk berburu. Jenis anjing pemburu ini akan membantu kalian dalam mendeteksi keberadaan mangsa pada saat kalian tengah melakukan aktivitas berburu.

Setiap anjing pemburu tidak wajib untuk memiliki bandan yang besar, namun ada beberapa aspek penting yang harus anjing ini miliki, seperti:

  • Insting berburunya yang tajam.
  • Kecepatan.
  • Serta tentu saja memiliki daya tahan yang tinggi.

Ciri Anjing Pemburu yang Hebat

anjing pemburu babi

Berikut ini adalah beberapa ciri dari anjing pemburu yang hebat menurut Universitas Sumatera Utara, antara lain:

  • Telinga anjing tersebut harus tegak berdiri, dilengkapi dengan ekor sedikit pendek serta harus berdiri. Dari ciri itu diketahui bahwa anjing tersebut memiliki pendengaran yang bagus.
  • Memiliki pusar-pusar yang terdapat dibelakang telinga haruslah sepasang atau jika tidak harus polos atau tidak ada sama sekali.
  • Untuk bentuk fisiknya yaitu:
    • Badan agak besar
    • Badan panjang
    • Dada lebar kembang disertai dengan bentuk kaki yang tebal serta bentuk kuku yang pendek.

Jika seluruh ciri di atas ada dalam diri seekor anjing, maka anjing itu dipercaya hebat pada arena perburuan.

Jenis

jenis anjing pemburu

Untuk sekarang ini terdapat ada dua jenis anjing pemburu, yaitu anjing yang mengandalkan penglihatannya dan mengandalkan indra penciumnya.

Berikut ini adalah dua jenis anjing berburu, antara lain:

1. Scent Hounds

Sesuai dengan namanya, anjing pemburu yang satu ini mengandalkan indra penciumannya atau hidung untuk mengintai mangsanya.

Selain memiliki indra penciuman yang sangat tajam, anjing satu ini juga mempunyai kecepatan yang sangat luar biasa layaknya anjing pengintai.

Anjing satu ini sangat suka mencari mangsanya hingga ke titik persembunyiannya. Apabila sang mangsa telah ditemukan, anjing satu ini tak segan untuk langsung membunuhnya.

Namun apabila tidak, ia akan menggonggong dengan kencang agar pemiliknya datang menghampirinya. Namun untuk tindakan seperti ini biasanya hanya pada anjing yang telah dilatih saja.

Selama masa pengejaran dan pencarian mangasa, anjing ini akan kerap kali menggonggong. Hal tersebut bertujuan guna membantu para pemburu supaya mengikuti jejak mereka.

Telinga pada anjing jenis ini juga diyakini dapat mengumpulkan udara serta bau yang terdapat di sekitar kepalanya. Maka dari itu, anjing ini mudah untuk mendeteksi bau mangsanya.

Jenis anjing yang tergolong ke dalam scent hounds yaitu:

  • American Foxhound
  • Beagle
  • Bloodhound
  • Harrier
  • Otterhound, dan yang lainnya.

2. Sight Hounds

Berbeda dengan sebelumnya, anjing yang satu ini lebih mengandalkan indra penglihatan dan juga kecepatannya. Sighthounds atau juga disebut sebagai gazehounds ini berevolusi serta dikembangbiakkan hingga mempunyai memiliki dua skill utama, yaitu penglihatan serta kecepatan.

Metode berburu anjing ini juga disebut dengan ‘coursing’. Dengan kata lain, anjing ini akan memperhatikan serta mengintai sang mangsa dari arah kejauhan.

Kemudian menguntit mangsanya hingga pada jarak paling dekat. Selanjutnya mereka akan mengejar serta langsung membunuhnya. Anjing jenis ini pada umumnya melakukan perburuan secara solo.

Jenis anjing satu ini memiliki perawakan yang ramping nan elegan. Insting berburunya seperti tidak dapat dipendam.

Meski telah diberikan pelatihan, anjing jenis ini akan tetap melanggar serta memilih mengejar apa yang dirasa menarik bagi penglihatannya.

Beberapa jenis anjing sighthound, antara lain:

  • Afghan Hound, Borzoi (Russian Wolfhound)
  • Greyhound
  • Irish Wolfhound
  • Magyar agár (Hungarian Greyhound)
  • Saluki (Persian Greyhound)
  • Scottish Deerhound
  • Silken Windhound
  • Dan yang lainnya.

Anjing Pemburu Terbaik

Berikut ini adalah beberapa anjing pemburu terbaik yang ada di dunia, antara lain:

1. Labrador Retriever

gambar anjing pemburu

Labrador merupakan salah-satu gun dogs atau juga bird dogs yang sangat terkenal di dunia.

Dimana anjing ini sudah bisa membantu para pemburu dalam mencari sekaligus mengumpulkan mangsa buruannya.

Trah satu ini memiliki karakteristik yang sangat energik, antusias serta loyal. Mereka tahan kepada cuaca ekstrem seperti dingin, bahkan ia juga mampu untuk berenang dalam air yang dingin.

Selain dijadikan sebagai teman berburu, anjing yang satu ini juga sangat baik untuk dijadikan sebagai sahabat keluarga.

2. Beagle

jual anjing pemburu

Anjing Beagle merupakan anjing pemburu yang memiliki kemampuan mencium mangsa yang sangat menakjubkan. Selain itu, ia juga memiliki suara lolongan yang sangat lantang.

Sehingga hal tersebut dapat membantu pemburu untuk mengetahui keberadaannya. Selain dijadikan sebagai teman berburu, anjing yang satu ini juga sangat baik untuk dijadikan sebagai sahabat yang baik untuk keluarga.

3. Golden Retriever

anjing pemburu babi hutan

Anjing satu ini hampir menyerupai Labrador, yang juga dapat kalian jadikan sebagai tempat berburu yang handal, khususnya pada saat kalian sedang memburu burung maupun mangsa kecil yang lain.

Anjing jenis ini juga cenderung sangat mudah untuk dilatih, memiliki sifat yang setia serta antusias yang sangat tinggi.

Mereka juga sangat ramah terhadap keluarga. Bahkan anjing ini juga memiliki reputasi yang baik sebagai teman untuk anak kecil.

4. English Springer Spaniel

ciri ciri anjing pemburu

Seekor bird dog atau anjing pemburu burung satu ini memang sangatlah istimewa.

Anjing satu ini begitu pandai dalam mengejar hingga menangkap burung pegar. Keterampilannya bahkan dapat disetarakan dengan anjing Golden serta Labrador Retriever.

Untuk ukuran dari anjing ini sendiri memang terlihat lebih kecil, tetapi tubuh yang kecil tersebut justru akan membantunya untuk menjadi makin leluasa dalam menavigasi kawasan perburuan kecil.

Selain dijadikan sebagai teman berburu, anjing yang satu ini juga sangat baik untuk dijadikan sebagai sahabat keluarga yang sangat hebat.

5. American Foxhound

jenis anjing pemburu babi

Sama halnya dengan anjing Beagle, anjing satu ini pada saat berburu juga sama – sama mengandalkan indera penciumannya.

Anjing satu ini bahkan akan melakukannya dengan penuh tekad yang kuat atau determinasi. Dahulu, anjing satu ini dipelihara sebagai anjing pemburu rubah. Tetapi belakangan ini, anjing satu ini telah dimanfaatkan sebagai anjing pemburu rusa.

6. Pointer/ English Pointer

cara melatih anjing pemburu

Anjing satu ini memiliki ukuran yang sedang serta mempunyai jiwa semangat membara pada saat tengah berburu. Mereka mempunyai motivasi yang kuat untuk mengejar mangsanya hingga tertangkap.

Mereka jua sangat antusias untuk memburu burung. Kelebihan lainnya, anjing ini juga tahan terhadap cuaca yang panas. Anjing dengan ras serupa yakni German Shorthair Pointer serta German Wirehaired Pointer.

7. Chesapeake Bay Retriever

Chesapeake Bay Retriever

Anjing gun dog memiliki karakteristik tubuhnya yang sangat atletis, gigih, kuat, serta cerdas.

Pada umumnya, anjing ini juga menjadi tipikal anjing yang sangat setia mengabdi kepada pemiliknya. Sehingga mereka belum tentu akan ramah serta bersahabat kepada orang baru.

Terkecuali dengan keluarga maupun sosok yang familiar sera sudah mereka kenal. Anjing ini sangatlah aktif, baik serta tahan kepada cuaca yang sangat panas.

Baca juga: Anjing Penjaga

8. Bluetick Coonhound

Bluetick Coonhound

Anjing pemburu satu ini juga mengandalkan indera penciumannya serta ia akan terus penasaran apabila mangsanya tidak kunjung ditemukan.

Bahkan mereka juga mempunyai reputasi yang baik sebagai pemburu singa gunung serta cougar/ puma. Sebab indra penciumannya memang sangat mengagumkan, selain itu energinya juga amat tinggi.

Namun, anjing ini termasuk ke dalam kategori anjing yang sangat berisik, sekali pun pada saat sedang tidak berburu.

Anjing ini adalah keturunan dari anjing English Foxhound dengan French Bleu de Gascogne hound.

9. Irish Setter

Irish Setter

Anjing berikutnya dikenal sebab memiliki bulu yang berwarna merah. Anjing satu ini nampak anggun dan juga  indah.

Mereka ini juga terbagi ke dalam dua kategori, yaitu ‘field dog’ serta ‘show-quality’. Trah satu ini mempunyai sifat-sifat menakjubkan seperti penuh tekad, pekerja keras, serta tangguh.

Tak hanya itu saja, anjing satu ini juga sangat penyayang, ramah serta lembut kepada keluarganya.

Anjing zaman now, meskipun ke dalam jenis anjing pemburu, namun anjing ini lebih banyak dipelihara untuk dijadikan sebagai sahabat keluarga.

Jika hendak mengajak anjing ini untuk berburu, maka kalian harus memperhatikan beberapa hal. Termasuk di dalamnya adalah izin maupun kebijakan berburu yang dapat berbeda-beda di masing – masing daerah.

Dan yang penting, pelatihan anjing supaya lebih disiplin dan juga bonding atau ikatan kalian bersama anjing.

10. English Setter

English Setter

Anjing satu ini memiliki ukuran sedang namun dikenal sebagai gun dog yang sangat hebat. Ia dapat menunjukkan mangsa, berlari serta memburunya.

Pelatihan untuk anjing satu ini juga akan semakin membuat mereka terampil dalam menangkap burung. Anjing ini terbagi ke dalam dua ketogiri, yaitu anjing conformation serta field.

Anjing English Setter dengan kategori field pada umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil serta memiliki bulu yang lebih halus, sehingga mereka dapat dijadikan teman berburu yang baik.

Sedangkan untuk kategori confirmation dog memiliki bulu yang lebih panjang serta ukuran yang lebih besar. Dan anjing ini dapat kalian jadikan sebagai teman maupun pendamping yang baik.

11. Bloodhound

Bloodhound

Bloodhound merupakan anjing yang telah dilatih menjadi anjing pemburu sejak pada abad ke-13.

Anjing satu ini memiliki sifat yang selalu waspada serta mengandalkan indera penciumannya untuk mengintai mangsanya.

Sehingga, ia sangat tepat untuk dijadikan kawan berburu yang handal. Bloodhound pun juga mampu untuk mengingat aroma mangsanya sampai berhari-hari sehingga mereka tidak akan merasa kesulitan bahkan ketika si mangsa dalam keadaan bersembunyi.

Di beberapa negara, Bloodhound juga sering kali dijadikan sebagai “teman” berburu favorit.

Apabila kalian hendak berburu babi hutan maupun rusa, anjing jenis satu ini akan sangat membantu kalian dalam mendeteksi mangsa tersebut.

Bahkan, Bloodhound ini juga kerap kali membantu pihak kepolisian dalam melacak keberadaan orang.

12. Gordon Setter

Gordon Setter

Jika hendak berburu unggas air maupun burung, maka kalian dapat mengajak Gordon Setter satu ini. SEbab anjing satu ini sangat pandai dalam memburu kedua jenis hewan di atas.

Anjing ini ketika berburu mengandalkan indera penciumannya, tak hanya itu saja, ia juga memiliki gerakan yang amat halus namun cepat.

Selain itu, anjing ini juga memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi sehingga membuatnya dapat berburu hewan yang dapat terbang sekalipun.

Perawakan anjing Gordon Setter ini memang nampak garang. Bahkan, beberapa orang menyebutkan jika jenis anjing satu ini terlihat menyerupai anjing Rottweiler.

13. Weimaraner

Weimaraner

Di awal abad ke-19, Weimaraner telah dikembangbiakan sebagai anjing pemburu.

Para bangsawan pada waktu itu memang sangat gemar untuk berburu dengan membawa Weimaraner sebagai anjing untuk membantu mereka pada saat memburu babi hutan, rusa, bahkan beruang.

Pada saat kalian menatap anjing ini, kalian akan melihat matanya yang sangat dingin. Anjing satu ini memang kurang ramah untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan keluarga.

Sebab memiliki sifat yang keras kepala, penyendiri, dan siaga. Sehingga dengan kepandaian tersebut memang membuatnya lebih tepat untuk dijadikan sebagai anjing pemburu saja.

Cara Melatih Anjing Pemburu

foto anjing pemburu

Berikut ini adalah beberapa point penting untuk dapat melatih anjing dengan lebih mudah, antara lain:

  • Latihan perintah dasar (duduk, tangkap, ambil, lari)
  • Melatih ketajaman penciuman
  • Pengenalan pada hewan incaran atau buruan kalian
  • Membiarkan si anjing untuk belajar dari pengalaman anjing pemburu lain
  • Pilih lokasi pelatihan anjing pemburu
  • Memakai benda untuk memfokuskan sesi latihan
  • Mulai memberi perintah mencari serta mendapatkan sesuatu (temukan dan cari)
  • Memulai latihan ke tingkatan yang lebih sulit (menyembunyikan barang)
  • Pergunakan angin (supaya bau buruan dapat tercium oleh anjing)
  • Memakai tali sebagai patokan penelusuran
  • Membuat suatu jalur penelusuran
  • Memakai perintah dasar & biarkan anjing mencari
  • Berikan tantangan yang lebih sulit (pemburuan “harta karun” dengan level sulit)
  • Jangan memaksakan sesi latihan
  • Jangan lupa untuk memberikan imbalan atau penghargaan

Pertanyaan Umum

Jenis anjing pemburu?

Untuk sekarang ini terdapat ada dua jenis anjing pemburu, yaitu anjing yang mengandalkan penglihatannya (Sight Hounds) dan mengandalkan indra penciumnya (Scent Hounds).

Contoh anjing pemburu?

Berikut ini beberapa anjing pemburu terbaik di dunia, antara lain:
1. Labrador Retriever
2. Beagle
3. Golden Retriever
4. English Springer Spaniel
5. American Foxhound
Selengkapnya simak di dalam ulasan artikel ini.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.