Anjing Mini Pom

Share
Comment 0 reply
Anjing Mini Pom

Anjing Mini Pom atau juga dikenal sebagai Anjing Pomeranian merupakan salah satu ras anjing spitz yang memiliki bulu tebal serta panjang dengan bentuk daun telinga yang sedikit kecil dan tegak berasal dari negara Jerman.

Pengambilan nama Pomeranian ini diambil dari nama suatu provinsi tua yang ada di negara Jerman dimana anjing itu berada.

Karakteristik yang menonjol pada jenis anjing yang satu ini adalah sifatnya yang sangat ceria, aktif bergerak, dan juga sangat pintar. Selengkapnya simak ulasan berikut ini.

Sejarah

harga anjing mini pom

Awal sejarah dari anjing Pomeranian berasal dari nenek moyang Pomeranian yang merupakan seekor anjing penggembala domba yang tumbuh di Eropa serta memiliki tubuh yang lebih besar.

Beberapa tokoh penting yang memelihara jenis anjing ini pada sejarah Eropa diantaranya yaitu: Isaac Newton, Michelangelo, serta Mozart.

Kemudian pada tahun 1761, anjing ini pertama kali di bawa ke negara Inggris oleh istri Pangeran George III yang bernama Charlotte.

Kedua pasangan kerajaan tersebut kemudian memiliki cucu yang bernama Ratu Victoria.

Selama masa hidupnya, sang Ratu Victoria telah mengembangkan total 15 ras anjing yang berbeda.

Ia juga membeli seekor anjing ras Pomeranian yang berwarna hitam merah berukuran mini pertama di tahun 1888 pada saat berkunjung ke negara Italia.

Selain itu, beliau juga membeli tiga anjing Pomeranian yang lain pada saat berkunjung ke Florence di tahun yang sama.

Ratu Victoria lantas membawa anjing Pomeranian tersebut ke negara Inggris untuk dijadikan salah satu hewan peliharaannya.

Anjing itu pun lalu diberi nama Marco yang sekaligus menjadi awal mula dari perkembangan anjing jenis Pomeranian mini.

Marco pun mampu memenangkan banyak sekali kontes kecantikan anjing bersama sang ratu.

Dari catatan sejarah itulah akhirnya jenis anjing ras Pomeranian atau juga dikenal Mini Pom mulai dikembang biakan oleh masyarakat luas.

Dan sampai sekarang ini, anjing ras Pomeranian pun sudah mulai menyebar di belahan dunia serta dijadikan sebagai anjing peliharaan yang lucu dan juga menggemaskan.

Bahkan anjing ini juga sangat terkenal menjadi anjing show yang sangat pintar.

Jenis

jual anjing mini pom

Anjing Mini Pom ini mempunyai beberapa jenis yang telah dikelompokan menjadi beberapa kategori. Mulai dari gender hingga warna bulunya.

Berikut ini adalah beberapa jenis dari Anjing Mini Pom yang telah dikelompokan menjadi beberapa kategori berdasarkan:

1. Gendernya

Berdasarkan gender, Anjing satu ini sama seperti anjing pada umumnya, yaitu memiliki dua jenis gender antara lain anjing Pomeranian jantan dengan anjing Pomeranian betina. Dimana pada anjing betina dengan jantan nantinya akan menghasilkan keturunan untuk meneruskan spesiesnya.

2. Geraknya

Selanjutnya, jenis dari Anjing Pomeranian juga bisa dibedakan dengan melihat gerak atau keaktifanya.

Ada jenis anjing Pomeranian yang berani, lincah, protektif, serta loyal. Serta terdapat pula anjing yang masih belajar untuk dapat mengenali pemilik dan juga lingkunganya.

3. Beratnya

Anjing Pomeranian juga bisa dibedakan jenisnya dengan melihat beratnya, yaitu anjing Pomeranian peliharaan serta anjing Pomeranian show.

Pada umumnya, anjing Pomeranian untuk show memiliki berat sekitar 1.8 sampai 2.7 kg, sementara untuk anjing Pomeranian peliharaan memiliki berat sekitar 1.4 sampai 3.2 kg.

4. Warna bulu

Anjing Pomeranian memiliki warna bulu yang sangat bervariasi.

Berikut ini adalah warna bulu yang dimiliki oleh anjing Pomeranian, yaitu:

  • Warna putih
  • Warna coklat
  • Warna merah
  • Warna emas
  • Warna krem
  • Warna orange
  • Warna kombinasi seperti garis-garis dan totol-totol hitam.

5. Ekornya

Anjing Pomeranian juga memiliki bentuk dan ukuran ekor yang berbeda.

Ada anjing yang memiliki ekor tegak serta berbulu dan juga ekor panjang serta berbulu. Ekor anjing Pomeranian satu ini pada umumnya akan menyeimbangkan bentuk tubuhnya yang terlihat sangat mungil dan kecil.

6. Informasi tambahan

Anjing Mini Pom adalah salah satu jenis ras anjing yang sangat bising atau riuh khususnya apabila si anjing tengah mencurigai sesuatu yang asing.

Anjing yang satu ini juga memiliki kelebihan yakni dimana ia memiliki kemampuan untuk bisa menyesuaikan diri pada lingkungan baru secara cepat, baik itu secara mental dan juga fisik.

Ketika anjing ini berjalan, si anjing akan nampak sangat cantik serta menggemaskan yang bisa kalian dijadikan sebagai alarm dog.

Anjing trah Pomeranian memang memiliki bentuk tubuh yang sangat kecil lengkap dengan moncongnya yang pendek.

Meski demikian, anjing ini tergolong ke dalam anjing toy yang sangat aktif dan juga lincah.

Ekornya juga terlihat sangat indah pada waktu berdiri tinggi, lurus ataupun ketika menghadap ke arah kepala.

njing Pomeranian bisa menunjukan tingkat kecerdasan yang tinggi, sehingga anjing ini bisa menunjukan apa yang mereka mau dengan menggunakan cara yang bisa dimengerti oleh pemiliknya.

Karakteristik

gambar anjing mini pom

Berikut ini adalah ciri khusus atau karakteristik yang membedakan Anjing Mini Pom dengan anjing jenis lainnya, diantaranya yaitu:

1. Ukuran

Jika kita lihat dari bentuk ukuran tubuhnya, anjing satu ini memiliki berat ideal sekitar 3 hingga 7 pon atau sekitar 1,4 hingga 3.2 kg.

Namun apabila anjing ini dijadikan sebagai anjing pertunjukan, maka memiliki berat sekitar 1.8 hingga 2.7 kg.

Dengan bentuk ukuran tulang yang sedang dan panjang serta kakinya juga terlihat proposional.

2. Kepala

Anjing jenis Mini Pom ini memiliki bentuk kepala yang seimbang dengan badannya.

Memiliki moncong yang terlihat pendek, lurus, serta bibir yang tidak terlalu tipis dan memiliki temperamen yang tidak agresif.

Jika dilihat, anjing ini memiliki ekspresi waspada yang nampak seperti hewan serigala.

Tengkoraknya tertutup serta di bagian atasnya sedikit berbentuk lebih bulat menyerupai kubah. Kupingnya juga berbentuk kecil dan tegak.

3. Mata

Untuk warna bola matanya adalah hitam. Dengan ukuran yang sedang serta menyerupai kacang almond.

Letaknya terdapat di dalam tengkorak dimana kedua sisi dari stop. Warna untuk pigmen hidung seperti warna matanya, yaitu berwarna hitam.

4. Leher

Untuk ukuran leher dari anjing ini berukuran pendek dan berada di dalam bahu. Untuk bagian belakangnya juga terlihat pendek serta memiliki tulang belakang yang lurus. Tulang iganya berada dengan brisket yang menyentuh sikunya. Ekornya terlihat indah serta tegak lurus mengikuti badannya yang mungil.

5. Gigi

Anjing Mini Pom memiliki bentuk gigi yang menyerupai gigitan gunting. Giginya kadang ada yang terlihat keluar dari barisan, tetapi masih dapat kalian konsultasikan dengan dokter hewan.

6. Hindquarters

Ciri untuk bagian belakang Pomeranian dari bahu hingga kaki yakni  seimbang dengan forequaters. Dimana pantatnya tersembunyi pada bagian belakang ekornya. Pahanya juga terlihat berotot lengkap dengan lututnya yang lentur. Pergelangan kaki Pomeranian juga terlihat lurus dengan tanah serta kakinya paralel satu sama lain. Kakinya kecil, padat serta tidak bengkok.

7. Forequarters

Di sisi depan anjing, mulai dari bahu sampai kaki memiliki bahu layback yang cukup untuk mendongakan badan.

Bahu serta kaki Pomeranian ini terlihat sedikir berotot serta memiliki panjang tulang bahu dengan lengan bagian atas yang sama.

Untuk kaki di sisi depan terlihat lurus serta berparalel satu dengan yang lain. Tinggi dari siku menuju withes sama dengan tinggi dari arah tanah menuju siku. Kakinya juga terlihat sangat kuat dan lurus, meskipun sangat kecil.

8. Warna

Seperti yang telah disebutkan di atas, anjing Mini Pom ini memiliki banyak sekali warna yang bervariasi seperti:

  • Warna putih
  • Warna coklat
  • Warna merah
  • Warna emas
  • Warna krem
  • Warna orange
  • Warna kombinasi seperti garis-garis dan totol-totol hitam.

Pada umumnya, warna di atas akan menyebar ke seluruh bagian bulu anjing sehingga akan terlihat sangat lucu sekaligus menggemaskan.

9. Bulu

Anjing Pomeranian memiliki bulu yang halus dan tebal. Pada tubuh bagian luar, bulunya nampak panjang, lurus, serta memiliki tekstur yang sedikit kasar.

Untuk bulu di bagian dalam tubuhnya biasanya akan menahan serta memberikan kemudahan untuk menjaga bulu luar agar bisa tetap berdiri serta mengembang.

Karakteristik bulu anjing satu ini yaitu di bagian leher, bulunya terlihat sangat lebat. Sedangkan untuk bagian bahu serta dada bulunya menyerupai jumbaian.

Untuk bagian kepala serta kaki, memiliki bulu yang nampak sangat ketat serta lebih pendek. Di bagian tubuh, paha serta kaki bulunya terlihat indah serta halus. Dan untuk bagian ekor, bulunya terlihat sangat panjang, kasar, serta menyebar dengan merata.

10. Gerakan

Anjing Mini Pom ini juga memiliki gerakan yang sangat mulus, bebas, seimbang serta penuh semangat. Serta memiliki jangkauan yang baik pada sisi daerah depan tubuhnya.

Untuk gerakan di bagian belakang tubuhnya juga sangat kuat. Kaki di bagian belakang ini bergerak segaris dengan kaki di bagian depan. Tulang belakangnya juga terlihat seimbang mengikuti gerakanya.

11. Umur

Anjing Mini Pom meskipun kecil, ternyata ia mempunyai usia yang lebih panjang apabila dibandingkan dengan jenis anjing yang lainnya. Anjing ini dapat hidup mencapai umur 12 sampai 16 tahun.

Cara Mengawinkan

anjing super mini pom

Berikut ini adalah cara mengawinkan anjing Mini Pom yang dibantu oleh manusia, diantaranya yaitu:

  • Pastikan tangan kalian sudah steril, agar tidak membawa bakteri ke dalam tubuh si anjing.
  • Lalu ikat mulut pada anjing betina sebelum kalian melancarkan proses kawin dilangsukan. Hal tersebut untuk mencegah si anjing betina menggigit anjing jantan pada saat proses pembuahan.
  • Pegang anjing betina dengan kuat namun lembut untuk membantu jantan agar mudah memasukan testisnya di dalam vagina betina.
  • Lubang kelamin pada anjing betina ada 2, maka kalian harus mengarahkan anjing jantan untuk memasukan di lubang atas yang merupakan rahim betina.
  • Buka kelamin dengan benar supaya anjing testis jantan dapat masuk serta mampu merangsang anjing jantan untuk mengikuti nalurinya sendiri.
  • Anjing jantan pada umumnya akan mulai merasakan nalurinya sendiri ketika alat kelaminnya didekatkan dengan alat kelamin anjing betina.
  • Apabila si anjing jantan belum memiliki naluri kawin yang baik, maka posisikan anjing jantan dengan benar supaya bisa cepat melakukan proses kawinnya.
  • Kemudian kalian bantu anjing jantan menaiki punggung anjing betina, lalu pegang buntut jantan sebelum kalian menaikan nya.
  • Pada waktu anjing jantan sudah naik di atas anjing betina, pastikan apakan testis jantan sudah berhasil pada letak yang tepat dimana testisnya akan membesar serta mengunci.
  • Pada waktu sudah berhasil mengunci, proses kawin pada umumnya akan memakan waktu selama 5 hingga 25 menit.
  • Selepas selesai, kemudian kalian angkat kaki belakang anjing betina agar sperma anjing jantan tidak bercecer dan terbuang.
  • Anjing Betina biasanya akan mengalami masa kehamilan dalam waktu 60 hingga 68 hari. Perhatikan kandang serta makanan anjing betina ketika hamil.

Cara Merawat

1. Anak Anjing

pomernian puppy

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat anak anjing mini pom, antara lain:

A. Makanan

Sama halnya dengan anjing yang lain, untuk makanan pada si anak anjing ini haru diberikan nutrisi dan juga kandungan gizi yang cukup.

Hal tersebut untuk membantu masa pertumbuhannya agar dapat berkembang dengan baik. Kalian dapat menghindari makanan yang mengandung pewarna serta dapat memberinya air minum yang cukup.

B. Merawat bulu

Untuk anak anjing mini pom ini bulunya masih sangat pendek serta masih dalam tahap pertumbuhan. Maka dari itu, kalian harus membersihkannya setiap hari dengan menggunakan shampo khusus supaya bulunya cepat tumbuh.

Kalian juga bisa menggunakan dry shampoo pada waktu memandikannya.

C. Memandikan

Pada saat kalian memandikan anak anjing ini, kalian harus menggunakan air hangat serta kalian rendam seluruh tubuh si anjing ke dalam bak yang penuh dengan air tersebut.

Kemudian kalian gosok tubuhnya dengan menggunakan shampo dan juga sabun khusus. Jangan sampai mengenai mata dan airnya masuk ke dalam kuping.

D. Merawat telinga

Telinga pada anak anjing Pomeranian juga harus kalian perhatikan dengan baik. Kalian dapat membersihkannya dengan memakai cotton swab yang telah dicelupkan ke dalam cairan pembersih non alkohol.

Jangan terlalu dalam masukan cotton tip ke telinga sebab hal tersebut dapat merusak gendang telinga si anjing.

E. Merawat mata

Selepas memandikannya, kalian bisa membersihkan area matanya. Bahkan kegiatan ini harus kalian lakukan setiap hari agar menghindari adanya noda air mata maupun kotoran yang menempel di area mata.

F. Merawat gigi

Pada anak puppy memang didinya belum tumbuh banyak, namun kalian dapat memberikan perawatan yang baik untuk membantu pertumbuhannya.

Kalian bisa membantunya untuk membersihkan gigi dari kotoran sisa makanan yang dapat menjadi sarang bakteri pada mulut anjing. Kalian juga bisa membersihkan giginya dengan memakai sikat dan pasta gigi khusus anjing.

G. Merawat kuku

Kalian juga harus meluangkan waktu untuk memotong kuku anak anjing ini secara rutin. Pada waktu kalian memotongnya, sisakan sepanjang 5 mm untuk melindungi area dalam kuku.

Kalia bisa menggunakan gunting kuku manusia karena kukunya masih lembut maupun gunting kuku khusus anjing.

H. Training

Selain fokus pada perawatan tubuhnya, kalian juga harus merawat mental si anjing. Kalian dapat melatihnya setiap hari agar si anjing memiliki sifat yang lincah dan aktif.

Kalian dapat mengajaknya untuk berjalan – jalan, ataupun bermain di halaman taman. Kegiatan training ini juga bertujuan agar si anjing dapat hidup bersih dan sehat, maka dari itu kalian juga perlu melatihnya agar tidak merusak atau mengotori lingkungannya.

Kegiatan training ini dapat kalian terapkan ketika anjing berusia 2 hingga 3 bulan.

2. Anjing Dewasa

pomeranian old

Berikut ini adalah beberapa cara untuk merawat anjing mini pom dewasa, antara lain:

A. Perawatan area bulu

Seperti yang telah kita ketahui, anjing satu ini memiliki bulu yang tebal dan panjang, maka dari itu kalian harus merawat bulunya setiap hari, minimal dua kali sehari.

Untuk perawatan sederhana, kalian bisa menyisir atau menyikatnya setiap hari menggunakan sisir khusus hewan. Lakukan kegiatan ini dari arah kepala dengan memisahkan bulu ke bagian depan. Kemudian singkirkan bulu yang rontok.

Ketika mandi, kalian juga bisa menggunakan dry shampoo.

B. Memandikan anjing

Pada waktu kalian memandikan anjing dewasa, kalian harus melakukannya dalam bak mandi khusus.

Kalian bisa menggunakan air hangat lalu rendam anjing di dalam wadah yang berisikan ari tersebut. Kalian juga bisa menggunakan bantuan cangkir untuk menyiramnya agar tidak mengenai area mata dan telinga.

C. Perawatan area mata

Selepas memandikannya, kalian bisa membersihkan area matanya. Bahkan kegiatan ini harus kalian lakukan setiap hari agar menghindari adanya noda air mata maupun kotoran yang menempel di area mata.

D. Perawatan gigi

Kalian dapat memberikan perawatan gigi dengan cara membersihkan gigi dari kotoran sisa makanan yang dapat menjadi sarang bakteri pada mulut anjing. Kalian juga bisa membersihkan giginya dengan memakai sikat dan pasta gigi khusus anjing.

Sering kali pada anjing dewasa akan menolak treatment yang satu ini, sehingga kalian tidak boleh menyikatnya terlalu keras. Sebab gusi pada anjing ini sangatlah sensitif.

E. Perawatan telinga

Telinga pada anjing Pomeranian dewasa memiliki banyak sekali bulu sampai dua lapis, sehingga menjadi tempat bersarangnya debu dan kotoran disana.

Untuk itu, kalian harus memperhatikannya dengan baik. Kalian dapat membersihkannya dengan memakai cotton swab yang telah dicelupkan ke dalam cairan pembersih non alkohol.

Jangan terlalu dalam masukan cotton tip ke telinga sebab hal tersebut dapat merusak gendang telinga si anjing.

F. Perawatan kuku

Kalian juga harus meluangkan waktu untuk memotong kuku anjing ini secara rutin dengan cara mengangkat kakinya dari belakang serta menekuk sendinya. Pada waktu kalian memotongnya, sisakan sepanjang 5 mm untuk melindungi area dalam kuku.

Kalian dapat menggunakan gunting kuku khusus anjing atau hewan peliharan.

G. Makanan

Asupan makanan untuk anjing dewasa tidak sama dengan anak anjing. Kalian dapat memberikan takaran sebanyak satu sampai tiga kali sehari.

Kalian dapat memberikan makanan dengan kandungan nutrisi dan gizi yang baik. Dapat berupa makanan basah ataupun kering.

Perawatan untuk anjing dewasa ini lumayan mudah sebab si anjing ini cenderung sudah mengetahui perawatannya sendiri. Serta dapat menjaga kesehatan tubuh maupun kandangnya.

Sehingga yang perlu kalian perhatikan hanyalah rutinitas yang baik untuk si anjing.

Makanan

pomeranian eating

Asupan makanan untuk anak anjing serta anjing dewasa berbeda. Bahkan untuk anjing yang tengah hamil, pada waktu kehamilannya sudah diatas 50 hari maka asupan vitaminnya harus dikurangi.

Hal tersebut bertujuan untuk membatu memudahkan proses ketika akan melahirkan.

Dan sebaiknya kalian juga menghindari makanan yang mengandung pewarna, sebab hal tersebut membuat pertumbuhan anjing mini pom ini terganggu.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih makanan yang baik untuk anjing Pomeranian, antara lain:

1. Mengandung biotin, asam lemak omega 3 & asam lemak omega 6

Bagi kalian yang memiliki anjing mini pom dengan bulu yang berwarna putih, maka kalian dapat memberikan makanan yang memiliki kandungan biotin, asam lemak omega 3 & asam lemak omega 6.

Sebab kandungan di atas dapat membantu bulunya agar tetap terlihat bersih, lembut, dan juga berkilau. Selain itu, dengan kandungan tersebut juga akan membantu mengurangi jumlah poop dan juga baunya.

2. Mengandung borage oil

Kandungan nutrisi satu ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga keindahan rambut dari anjing Pomeranian supaya tetap berkilau sekaligus membantu untuk menjaga kesehatan kulit si anjing.

3. Mengandung Sodium Polyphospate

Kandungan yang satu ini bermanfaat untuk membantu merangsang kekuatan gigi pada waktu si anjing mengunyah makanan. Sehingga makanan tersebut bisa dicerna secara baik.

Zat tersebut juga bisa membantu mencegah pertumbuhan karang pada gigi si anjing. The point is, zat satu ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan gigi.

Apabila anjing kalian memiliki masalah dalam nafsu makan, sebaiknya kalian mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter hewan segera.

Harga

JenisUmurKarakteristikHarga
Mini Pom betina6 bulan
  • Poodle betina
  • Sudah divaksin
Rp2.500.000
Mini Pom jantan6 bulan
  • Suka bermain dan lincah
  • Bulu panjang dan lembut
  • Sudah stambum
  • Sudah divaksin
  • Sehat dan bersih
  • Bebas kutu, bebas cacing
Rp2.800.000
Mini Pom jantan1 bulan
  • Bulu halus, dan gembul
  • Tidak jorok dan terawat dengan baik
  • Sudah stambum
  • Tubuh gemuk dan sehat
  •  Belum stambum
Rp2.000.000
Mini Pom jantan3 bulan
  • Bulu putih dan bersih
  • Lucu dan mungil
  • Bulu putih dan bersih
  • Gerak lincah, aktif, pintar dan suka bermain
Rp3.000.000
Mini Pom jantan4 bulan
  • Nafsu makan baik dan lahap
  • Pup sudah terlatih
  • Sudah divaksin dan sudah stambum
  • Bulu broken white bersih dan panjang
  • Sudah vaksin dan sudah stambum
  • Nafsu makan baik dan sehat
Rp3.000.000
Mini Pom betina3 bulan
  • Gerakan lincah dan suka bermain
  • Tubuh mungil dan bulu panjang
  • Tidak berkutu dan berjamur
  • Bulu putih dan bersih
  • Lucu dan menggemaskan
  • Sudah di obat cacing
Rp3.000.000
Mini Pom betina3 bulan
  • Gerak lincah dan aktif
  • Sehat, bebas kutu dan bebas masalah kulit.
  • Stambum sedang proses
  • Bulu coklat
  • Tubuh sehat dan terawat dengan baik
  •  Nafsu makan lahap dan baik
  • Stambum sedang proses
  • Sudah divaksin
  • Sehat, bebas cacing, bebas kutu dan bebas masalah kulit
  • ody short dan moncong pesek
Rp6.500.000

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Ciri anjing mini pom yang bagus?

Ciri anjing mini pom yang bagus untuk beratnya adalah: 1,4 hingga 3.2 kg (anjing peliharaan), & 1.8 hingga 2.7 kg (untuk anjing show), selain itu matanya tidak mengeluarkan air yang berlebihan, poopnya tidak encer, rambut dan bulu terlihat sehat, bersih dan mengkilap, serta si anjing berenergi atau aktif.

Cara merawat anjing mini pom yang benar?

Untuk perawatan anjing mini pom dewasa dan anak membutuhkan perawatan khusus yang berbeda, selengkapnya ada di dalam artikel ini.

Artikel Lainnya
Mungkin kamu juga suka artikel ini.